Hagia Sophia

24 January 2023

Liga Inggris: Fulham Kalah dari Tottenham Hotspur 0-1

Harry Kane bawa Tottenham Hotspur kalahkan Fulham 1-0 (REUTERS/TONY OBRIEN)

Tottenham Hotspur memetik kemenangan tipis 1-0 dalam lawatannya ke markas Fulham. Gol kemenangan The Lilywhites dibuat Harry Kane.

Pada laga yang dihelat di Craven Cottage, Selasa (24/1/2023) dini hari WIB, Kane membuat gol itu di menit pertama injury time babak pertama.

Tak ada gol lagi tercipta sehingga Tottenham berhak atas tiga poin dan naik ke posisi kelima klasemen Liga Inggris dengan 36 poin dari 21 laga, selisih tiga angka dengan Manchester United di posisi keempat yang baru bermain 20 laga.

Fulham di posisi ketujuh klasemen dengan 31 poin dari 21 laga.

Jalannya pertandingan

Tottenham yang cuma menang sekali dari lima laga selepas restart Piala Dunia 2022 langsung bermain agresif sejak menit awal. Mereka coba menean pertahanan Fulham lewat trio Son Heung-min, Kane, dan Dejan Kulusevski.

Fulham bukannya tanpa peluang karena beberapa kali juga bisa merepotkan Hugo Lloris di bawah mistar tim tamu. Lloris bahkan dua kali membuat penyelamatan atas peluang Bobby Cordova-Reid di menit ke-10 dan Andreas Pereira di menit ke-18.

Tottenham malah lebih tertekan oleh Fulham yang beberapa kali membuat peluang berbahaya. Peluang terbaik didapat Emerson Royal pada menit ke-36 lewat sepakan dari luar kotak penalti, yang memaksa Bernd Leno menepisnya.

Kebuntuan pecah di menit pertama injury time babak pertama setelah Kane mencatatkan namanya di papan skor. Son melakukan tusukan ke kotak penalti untuk memberikan bola kepada Kane.

Kane berputar menghindari penjagaan Tim Ream dan melepaskan sepakan melengkung ke gawang Leno.

Harry Kane menjebol gawang Fulham (Foto: Action Images via Reuters/ANDREW COULDRIDGE)

Memasuki babak kedua, Tottenham makin agresif untuk menambah gol. Di menit ke-50, Leno harus susah payah menepis bola tandukan Kane dari situasi sepak pojok.

Beberapa kali upaya Tottenham menambah gol belum menemui hasil. Sementara, Fulham menekan di 10 menit akhir laga untuk bisa menyamakan skor.

Di menit ke-89, Lloris menepis tembakan melengkung Manor Solomon yang membentur Emerson dan mengarah ke gawang. Tottenham tetap menang 1-0 di akhir laga.

Susunan pemain

Fulham: Bernd Leno; Kenny Tete, Issa Diop, Tim Ream, Antonee Robinson; Joao Palhinha, Harrison Reed; Willian, Andreas Pereira, Bobby De Cordova-Reid; Aleksandar Mitrovic.

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Cristian Romero, Eric Dier, Ben Davies; Emerson Royal, Pierre-Emile Hojbjerg, Rodrigo Bentancur, Ivan Perisic; Dejan Kulusevski, Son Heung-Min; Harry Kane.





















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Fulham Vs Tottenham Hotspur: Kane Menangkan The Lilywhites"