Hagia Sophia

28 January 2023

Kandungan Gizi Ikan Kembung Setara dengan Ikan Salmon

Kandungan gizi pada ikan kembung setara dengan ikan salmon. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti)

Ikan merupakan salah satu sumber omega-3 yang sehat dan kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun siapa sangka, gizi pada ikan kembung ternyata sama baiknya dengan ikan salmon.

Spesialis gizi klinik dr Diana Felicia Suganda, MKes, SpGK mengatakan pemenuhan protein hewani sangat penting bagi tubuh terutama untuk ibu hamil dan anak agar terhindar dari risiko kekurangan gizi. Pilihannya pun beragam dan tak harus mahal seperti ikan kembung.

"Mindset kita 'Oh protein hewani mahal, harus daging harus salmon.' Nggak kok. Ikan kembung bahkan protein sama omega-3 nya nggak kalah sama salmon dengan harga yang bisa seperempat kali jauh (lebih murah). Jadi jangan takut perbanyak protein hewani," kata dr Diana saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2023).

Ikan kembung dan salmon termasuk dalam makanan yang kaya akan omega-3. Jenis asam lemak omega-3 pada ikan, yakni asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Penelitian menunjukkan, orang yang rutin mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 lebih jarang terkena depresi. Sedangkan untuk penderita depresi dan gangguan kecemasan, omega-3 membantu meringankan gejala penyakit.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Salah, Kandungan Gizi Ikan Kembung Ternyata Setara Ikan Salmon!"