Hagia Sophia

28 January 2023

Usai Perdarahan Otak, Indra Bekti Dikabarkan Alami Gangguan Ingatan

Indra Bekti. Foto: Palevi S/detikFoto

Pasca mengalami perdarahan otak, Indra Bekti kini dikabarkan sudah mengalami perbaikan kondisi. Walau sebelumnya sempat dikabarkan, Indra Bekti mengalami kesulitan dalam mengingat hal-hal jangka pendek.

"Memang masih ada blur-nya. Sudah bisa melihat bentuk dan membedakan warna beberapa, tapi belum detil begitu. Jadi makanya itu yang bikin dia masih menerawang, menerka-nerka," ungkap sang adik, Cipta, Selasa (24/1/2023).

Manager Indra Bekti, Roy, menambahkan Indra Bekti sebenarnya kehilangan ingatan, melainkan sempat mengalami short memory di awal-awal kepulangannya dari rumah sakit.

"Alhamdulillah ingatan sih sebenarnya sudah (membaik), mungkin nggak lupa. Cuma memang ada awal-awal itu short memory apa yang sedang dilakukan," bebernya.

"Misalnya lagi terima kasih, abis itu ucapkan doa, terus balik lagi ke terima kasih, ucapin doa lagi. Muter-muter di situ saja yang dilakukan. Tapi kalau memori yang lama, dia selalu ingat semuanya," pungkas Roy.

Sang istri, Aldila Jelita, baru-baru ini juga memberikan kabar terbaru terkait kondisi Indra Bekti. Dijelaskannya, kini suaminya menjadi lebih sensitif dan manja lebih dari biasanya.

"Memorinya kalau pagii masih fresh dan semangat tp kalau udah sore mulai d keder dan cerita hal2 drama buatan masbek (Indra Bekti)," ungkapnya dalam unggahan di akun Instagram @dhilla_bekti, Sabtu (28/1).

"Tp, alhamdulillah yg Masya Allah masbek sekarang lebih baek.. udah mau solat berdiri walau saat sujud masih sakit kepalanya.. Tp semua kemauan masbek," sambung Adhila.

Hilang Ingatan Pasca Perdarahan Otak

Dikutip dari Brain & Spine Center, disfungsi kognitif adalah salah satu kemungkinan komplikasi efek gangguan otak. Pendarahan otak dapat menyebabkan perubahan pada jaringan otak dan memicu defisit kognitif, termasuk masalah memori dan pemrosesan informasi.

Beberapa pasien pasca perdarahan otak mengalami kesulitan dengan ingatan jangka pendek atau ingatan lama. Pasien tersebut mungkin bisa mengingat peristiwa dari sepuluh tahun lalu, namun kesulitan mengingat tempat mereka meletakkan kunci mobilnya.

Kondisi tersebut bisa dipulihkan. Selain dengan konsultasi ke dokter pasca operasi, hal-hal yang bisa dilakukan untuk membantu pemulihan yakni:
  • Memperbanyak interaksi sosial
  • Meningkatkan aktivitas fisik
  • Membuat jurnal harian
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Bermain permainan yang mengasah otak seperti teka-teki silang atau pencarian kata.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Indra Bekti Dikabarkan Ada Gangguan Ingatan usai Perdarahan Otak, Ini Kondisinya"