Hagia Sophia

28 January 2023

Beberapa Fakta Tentang Ibu Pengganti Seperti yang Dijalani Paris Hilton

Paris Hilton dikaruniai anak pertama. (Foto: Axelle/Bauer-Griffin/FilmMagic)

Artis Hollywood Paris Hilton dan suaminya resmi dikaruniai anak pertama. Diketahui anak pertama mereka lahir melalui Surrogate Mother atau ibu pengganti.

Dikutip dari Metro, Hilton sering berbicara tentang rencana bayi tabung (IVF) bahkan sebelum sang suami melamarnya. Pada Januari 2021, Hilton sempat membagikan impiannya memiliki bayi kepada media. Mereka telah memulai proses IVF bersama.

Sebagai seseorang yang belum berpengalaman menggunakan ibu pengganti, Paris mengungkapkan bahwa ia meminta nasihat kepada Kim Kardashian selama proses tersebut. Kim yang memiliki 3 anak melalui IVF merekomendasikan dokter dan menawarkan tips dan trik IVF.

Surrogate atau ibu pengganti adalah metode yang digunakan oleh pasangan untuk mendapat anak. Metode ini melibatkan pihak ketiga, yaitu si ibu pengganti.

Dikutip dari WebMD, berikut ini fakta-fakta mengenai ibu pengganti.

1. Memiliki 2 Jenis Metode Ibu Pengganti

Metode ibu pengganti memiliki dua jenis, yaitu tradisional surogasi (traditional surrogate) dan gestational surogasi (gestational surrogate).

Pertama, tradisional surogasi adalah seorang wanita yang bersedia mengandung bayi yang nantinya akan menjadi anak dari pasangan lain. Wanita itu akan diinseminasi buatan dengan sperma dari calon ayah si bayi atau sperma donor.

Kedua, metode gestational surogasi dilakukan dengan mengambil sel telur dari seorang ibu kemudian dibuahi oleh sperma dari ayah. Embrio yang telah dibuahi kemudian ditempatkan di rahim ibu pengganti sampai melahirkan.

2. Siapa yang Menggunakan Ibu Pengganti?

Seseorang wanita menggunakan ibu pengganti karena beberapa alasan seperti masalah medis dengan rahim dan menjalani histerektomi atau kondisi yang membuat kehamilan berisiko seperti penyakit jantung yang parah.

3. Cara Menemukan Ibu Pengganti

Beberapa cara menemukan ibu pengganti bisa dari teman. Walaupun agak kontroversial, tetapi karena tingginya biaya surrogacy dan masalah hukum yang rumit yang ditimbulkan tentang hak orang tua, teman mungkin dapat lebih mudah.

Selain itu, terdapat agen pengganti, di mana ada sekitar 100 agensi yang sekarang beroperasi di AS dan bertindak sebagai perantara.

4. Cara Memilih Ibu Pengganti

Biasanya, ibu pengganti memilih pengganti berusia minimal 21 tahun, telah melahirkan setidaknya satu bayi yang sehat sehingga memahami secara langsung kehamilan dan persalinan serta masalah emosional ikatan dengan bayi yang baru lahir.

Selain itu, telah lulus pemeriksaan psikologis oleh ahli kesehatan mental untuk mengungkapkan masalah apapun terkait penyerahan bayi setelah lahir.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Fakta-Fakta Ibu Pengganti, Dijalani Paris Hilton demi Punya Anak"