Hagia Sophia

28 January 2023

Piala FA: Manchester City Taklukan Arsenal 1-0

Foto: AP/Dave Thompson

Manchester City bertemu Arsenal dalam babak keempat Piala FA. Dalam duel yang berjalan ketat ini, The Citizens mampu menang 1-0.

Man City vs Arsenal berlangsung di Etihad Stadium, Sabtu (28/1/2023) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Gol dalam laga ini baru terjadi di menit ke-64. Adalah Nathan Ake yang memberikan kemenangan untuk Manchester Biru.

Hasil ini membuat langkah Arsenal di Piala Fa terhenti. Di sisi lain, Man City berhak melaju ke babak 16 besar.

Jalannya Pertandingan

Man City mendapatkan momen bagus di menit kedelapan saat Erling Haaland lepas dari posisi offside. Kesempatan itu terbuang karena Matt Turner dengan cepat keluar kotak penalti untuk mengganggu gerak Haaland.

The Citizens mengurung Arsenal selama laga berjalan 20 menit. Kevin De Bruyne bahkan nyaris merobek gawang Meriam London saat bola tembakan melengkungnya dari luar kotak penalti sedikit meleset dari target.

Arsenal punya peluang bagus di menit ke-32. Leandro Trossard melepaskan umpan silang ke tiang dekat dan ada Eddie Nketiah yang menyambar, namun bola masih tips melebar dari target.

Duel perlahan mulai berjalan seimbang. Arsenal bisa beberapa kali membuat barisan pertahanan Man City lewat sisi lapangan. Di sisi lain, tim besutan Pep Guardiola masih berupaya menekan dengan mempermainkan umpan-umpan pendek yang cepat.

Tak ada gol yang tercipta sepanjang babak pertama. Man City dan Arsenal harus puas bermain imbang 0-0 sampai turun minum.

Man City kembali mendapatkan ritmenya selepas jeda. Arsenal dipaksa lebih bertahan di 10 menit awal babak kedua, namun Man City tak dapat menciptakan ancaman serius.

Man City memimpin 1-0 di menit ke-64. Berawal dari tembakan Julian Alvarez yang membentur tiang, Jack Grealish kemudian menguasai bola rebound. Setelah berputar-putar di kotak penalti, Grealish menyodorkan bola ke Nathan Ake untuk dituntaskan menjadi gol.

Arsenal nyaris menyamakan skor di menit ke-66. Nketiah gagal menyambar umpan silang dari Granit Xhaka, yang tak sempurna dipotong oleh lawan.

Meski sudah melakukan banyak pergantian, Arsenal masih kesulitan mengancam Man City. Sampai waktu normal tersisa 10 menit lagi, Man City masih memimpin.

Sebuah kemelut terjadi di kotak penalti Man City pada menit ke-87. Namun, para pemain Arsenal gagal memanfaatkan bola liar hasil umpan tarik Gabriel Martinelli.

Tak ada gol tambahan sampai laga tuntas. Man City sukses mengalahkan Arsenal dengan skor 1-0.

Susunan Pemain

Man City: Ortega; Lewis (Walker 58'), Stones (Laporte 45'), Akanji, Ake; Rodri, De Bruyne, Gundogan; Mahrez (Alvarez 58'), Grealish, Haaland.

Arsenal: Turner; Tomiyasu, Holding (Saliba 46'), Gabriel, Tierney (Zinchenko 66'); Partey (Lokonga 46'), Xhaka, Vieira; Saka (Odegaard 74'), Nketiah, Trossard (Martinelli 66').























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs Arsenal: The Citizens Depak Meriam London dari Piala FA"