Hagia Sophia

28 January 2023

LaLiga Tolak Kontrak Baru Gavi di Barcelona

Kontrak baru Gavi belum bisa didaftarkan Barcelona. Foto: Getty Images/Quality Sport Images

Kontrak baru Gavi bersama Barcelona ditolak oleh LaLiga. Hal tersebut membuat gelandang 18 tahun itu masih terdaftar dengan kontrak lama.

Dilaporkan ESPN, Gavi yang saat ini masih 18 tahun berstatus pemain akademi Barcelona dengan kontrak sampai 2023. Pada akhir tahun lalu, ia setuju memperpanjang kontraknya sampai 2026, dengan klausul pelepasan senilai 1 miliar Euro.

Kontrak baru Gavi, yang didaftarkan Barcelona ke LaLiga pada pekan ini, akan membuatnya 'naik kelas' sebagai pemain skuad utama. Namun upaya tersebut tak mendapat lampu hijau dari sang operator Liga Spanyol.

Hal itu disebabkan pembatasan gaji yang diberikan terhadap Barcelona. Jika kontrak Gavi didaftarkan, maka mereka akan melewati salary cap yang ada. Hal ini pula yang membuat kontrak baru Ronald Araujo yang juga sampai 2026 belum bisa didaftarkan.

Barcelona awalnya berharap kepergian Gerard Pique dan Memphis Depay bisa memudahkan jalan untuk mendaftarkan kontrak baru Gavi, namun ternyata hal itu belum cukup. LaLiga mengatakan Barcelona harus melakukan lebih dari itu.

Belum lama ini, Barcelona menuntut LaLiga ke pengadilan lokal karena menolak memberikan kenaikan batas gaji sebesar 15 persen, seperti yang didapat klub-klub lain. Blaugrana menilai hal itu merupakan sebuah diskriminasi.

Namun LaLiga sendiri memiliki pandangan lain. Mereka menolak menaikkan batas atas salary cap karena Barcelona telah menarik tuas ekonomi berkali-kali pada musim panas lalu, membuat mereka boleh berbelanja sampai 656,5 juta Euro musim ini.

Jika kenaikan 15 persen kembali diberikan kepada Barcelona, LaLiga menilai justru tim-tim lain yang akan dirugikan. Saat ini, belum diketahui apa hasil putusan dari tuntutan tersebut.

Gavi dan Araujo sendiri percaya Barcelona akan segera mengatasi masalah ini dalam waktu dekat. Jika gagal didaftarkan pada Januari ini, maka kemungkinan kontrak baru mereka akan didaftarkan musim panas nanti.






















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Kontrak Baru Gavi di Barcelona Ditolak LaLiga"