Hagia Sophia

28 January 2023

Untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari Makanan Berikut

Gorengan merupakan salah satu makanan pantangan bagi yang punya kadar kolesterol tinggi. (Foto: shutterstock)

Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit seperti kardiovaskular atau stroke. Oleh sebab itu, ada sejumlah makanan pantangan kolesterol tinggi yang seharusnya dihindari.

Kolesterol terbagi jadi dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL).

LDL bekerja dengan cara menumpuk kolesterol di pembuluh darah sehingga dampaknya memicu komplikasi serius. Itulah mengapa ia disebut kolesterol 'jahat', sedangkan HDL bertugas membersihkan dan membuang LDL keluar menuju liver (hati).

Dikutip dari Medical News Today, kadar kolesterol total dan LDL harus rendah. Namun memiliki lebih banyak HDL atau kolesterol 'baik' dalam darah dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi

Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah makanan pantangan kolesterol tinggi yang wajib dihindari:

1. Gorengan
Jika membahas larangan makanan bagi pengidap kolesterol tinggi, gorengan tentunya berada diurutan pertama. Sebab, gorengan mengandung kalori dan lemak trans yang tinggi sehingga meningkatkan LDL dan berimbas pada risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

2. Makanan Cepat Saji (Fast food)
Penelitian pada 2015 menyebut orang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol dan lemak yang tinggi. Pecinta makanan jenis ini berpotensi mengalami peradangan dan gangguan dalam mengendalikan gula darah.

3. Daging Olahan
Sosis, bakso, nugget, kornet, dan daging olahan lainnya merupakan makanan berpengawet tinggi sehingga harus dibatasi asupannya. Menurut studi pada 2017, seseorang memiliki peluang 42 persen terkena penyakit jantung akibat konsumsi daging olahan berlebih. Hal ini juga dikaitkan dengan pemicu kanker tertentu, seperti kanker usus.

4. Makanan Manis
Kandungan kolesterol tinggi tidak hanya terdapat pada makanan pedas dan gurih saja, namun juga makanan manis seperti, kue basah, kue kering, dan es krim. Terlebih, nutrisinya kerap kali tidak seimbang antara gula dengan vitamin yang diperlukan tubuh.

5. Jeroan
Jeroan atau organ dalam hewan sering dipilih sebagai menu diet. Akan tetapi, jeroan perlu diwaspadai lantaran termasuk ke dalam kategori makanan dengan kadar LDL tinggi. Diketahui, 85 gram hati sapi mengandung 333 mg kolesterol.

6. Kuning Telur
Kuning telur yang kaya akan sumber protein juga mengandung kadar kolesterol jahat. Satu butir telur mengandung sekitar 186 mg kolesterol.

7. Popcorn
Menonton film di bioskop rasanya kurang apabila tidak ada popcorn. Perlu diperhatikan, popcorn yang dicampur dengan mentega dan karamel mengandung lemak trans dan gula. Konsumsi popcorn dengan kandungan tersebut bisa memicu kolesterol tinggi dan diabetes.

8. Udang
Udang merupakan makanan yang rendah lemak, namun tinggi kolesterol. Pada 113 gram udang, terkandung 170 mg kolesterol.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi, Bukan Cuma Goreng-gorengan!"