Hagia Sophia

08 May 2023

Liga Inggris: Newcastle Kalah dari Arsenal 0-2

Arsenal menang 2-0 atas Newcastle United (Foto: Getty Images/Michael Regan)

Arsenal meraih kemenangan 2-0 di kandang Newcastle United. Hasil ini membuat Meriam London terus menempel Manchester City di puncak klasemen Liga Inggris.

Newcastle menjamu Arsenal di St James Park pada pekan ke-35 Premier League 2022/2023, Minggu, (7/5/2023) malam WIB. Duel berlangsung menarik dengan kedua tim sama-sama bermain menyerang.

Newcastle melepas 12 tembakan dan Arsenal bikin 10 percobaan. Arsenal berhasil tampil lebih efektif.

Mereka bisa mencetak gol pembuka lewat tendangan jarak jauh Martin Odegaard di menit ke-14. Selepas jeda, tim tamu menambah keunggulan dari bunuh diri Fabian Schar di menit ke-71.

Arsenal menutup laga dengan kemenangan 2-0. Hasil ini membuat Meriam London kini mengumpulkan 85 poin.

Mereka berada di urutan kedua hanya tertinggal satu angka dari Manchester City di puncak klasemen. Sementara, Newcastle di posisi ketiga dengan 65 angka.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah tampil menekan di awal laga. Mereka hampir saja unggul cepat di menit ke-2. Jacob Murphy melepas sepakan keras usai dengan baik mengontrol bola umpan silang. Namun, tembakannya masih menerpa mistar.

Pada menit ke-7, wasit sempat menunjuk titik putih untuk Newcastle. Hal ini terjadi usai Jakub Kiwior menahan tembakan Bruno Guimaraes dengan tengannya.

Keputusan ini kemudian dibatalkan oleh VAR. Pasalnya, bola lebih dulu membentur paha Kiwior sebelum mengenai tangannya.

Beberapa saat kemudian Arsenal yang jusru bisa memimpin lebih dulu. Mereka bisa unggul di menit ke-14.

Gol!!! Martin Odegaard melepas tembakan mendatar kencang dari luar kotak penalti. Bola tak kuasa dibendung oleh Nick Pope.

(Photo by LINDSEY PARNABY/AFP via Getty Images)

Laga kemudian berjalan semakin menarik usai gol ini. Arsenal punya dua peluang beruntun.

Pope kali ini tampil gemilang. Ia bisa mengamankan tembakan Gabriel Martinelli serta Odegaard yang memanfaatkan bola liar.

Pope kembali beraksi. Ia kali ini bisa mengamankan tembakan Bukayo Saka dari jarak dekat.

Newcastle mencoba merespon. Kombinasi umpan pendek mereka bisa membongkar lini pertahanan Arsenal.

Joe Willock berada di posisi menguntungkan di kotak penalti. Aaron Ramsdale bisa mengamankan tembakan Willock.

Newcastle dominan dalam melancarkan serangan menjelang akhir babak pertama. Lini pertahanan Arsenal tampil disiplin meredam serangan The Magpies.

Arsenal sempat mencuri peluang saat Odegaard tinggal berhadapan dengan Pope. Pope masih sigap menahan tembakan kapten Meriam London itu.

Skor 1-0 untuk Arsenal menutup babak pertama.

Jual beli serangan langsung tersaji di awal babak kedua. Newcastle nyaris menyamakan kedudukan kala Alexander Isak bisa menyambar kiriman umpan silang. Gol urung terjadi karena bola membentur mistar.

Newcastle kembali punya kesempatan. Kali ini, Ramsdale secara luar biasa bisa membendung sundulan jarak dekat Fabian Schar memanfaatkan tendangan bebas.

Arsenal giliran mengancam. Martinelli bisa menusuk hingga kotak penalti. Sepakannya sayangnya masih menerpa mistar.

Gol!!! Tusukan Martinelli benar-benar menghadirkan petaka untuk Newcastle di menit ke-71. Ia bermanuver dari sisi kiri sebelum melepas umpan tarik. Umpannya salah diantisipasi oleh Schar yang justru membelokan bola ke gawang sendiri.

Tempo pertandingan menurun memasuki akhir babak kedua. Arsenal lebih fokus bertahan mengamankan keunggulan.

Schar mencoba lewat sepakan jarak jauh usai Newcastle buntu. Namun usahanya tak menemui sasaran.

Arsenal menutup laga dengan kemenangan 2-0.

Susunan Pemain

Newcastle United: Nick Pope; Kieran Trippier, Sven Botman, Fabian Schar, Dan Burn (Matt Target 82'); Joelinton (Elliot Anderson 81'), Bruno Guimaraes, Joe Willock (Allan Saint-Maximin 78'); Jacob Murphy (Miguel Almiron 65'), Callum Wilson (Anthony Gordon 79'), Alexander Isak.

Arsenal: Aaron Ramsdale; Ben White, Gabriel Magalhaes, Jakub Kiwior, Oleksandr Zinchenko (Kieran Tierney 61'); Martin Odegaard (Thomas Partey 80'), Jorginho, Granit Xhaka; Bukayo Saka (Reiss Nelson 86'), Gabriel Jesus (Eddie Nketiah 86'), Gabriel Martinelli (Leandro Trossard 80').






























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Newcastle Vs Arsenal: The Gunners menang 2-0"