Hagia Sophia

08 May 2023

Dugaan Penyebab Jari Bengkak Raja Charles III

Penobatan Charles menjadi Raja Inggris. (Foto: VICTORIA JONES/POOL/AFP via Getty Images)

Raja Charles III resmi dinobatkan menjadi Raja Inggris yang baru menggantikan Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia. Momen tersebut menjadi sorotan dunia.

Tidak hanya penobatannya yang menjadi perhatian, netizen juga menyoroti jari-jari Charles III yang nampak membengkak dan bulat seperti sosis. Pembahasan 'jari sosis Raja Charles' bahkan menjadi tren di media sosial.

Kondisi 'jari sosis' memiliki istilah medis bernama daktilitis. Daktilitis dapat terjadi karena peradangan yang dikenal sebagai tenosynovitis. Tak hanya menyerang sendi, kondisi dapat menyebabkan peradangan seluruh tangan atau kaki.

Sifat peradangan ini dapat membuat jari menjadi bengkak dan terlihat seperti sosis. Dalam kondisi yang parah, pasien mungkin tidak bisa mengepalkan tangan karena jari yang menjadi kaku.

Gejala dan Penyebab Daktilitis

Dikutip dari Healthline, gejala utama yang dapat dilihat dari pasien daktilitis adalah bengkak, jari yang nyeri, dan kesulitan menggerakan anggota badan yang mengalami peradangan. Selain nyeri, peradangan juga dapat menyebabkan rasa hangat pada persendian.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan daktilitis. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Artritis Psoriasis (PsA)
PsA merupakan penyakit inflamasi sendi yang paling dikaitkan dengan daktilitis. PsA merupakan penyakit autoimun yang dapat menyebabkan sistem kekebalan Anda menyerang jaringan sehat.

Kondisi ini dapat memicu peradangan yang menyakitkan dan merusak pada persendian serta jaringan sekitar tendon. Ada 5 jenis psoriasis, yaitu:
  • PsA asimetris
  • PsA simetris
  • PsA predominan interphalangeal distal spondilitis psoriatik
  • PsA mutilans
Tercatat hingga 30 persen orang dengan kondisi kulit psoriasis dapat mengembangkan PsA. Pembengkakan dan kelainan bentuk pada PsA dapat tetap ada setelah peradangan hilang.

Artritis reumatoid (RA)
RA merupakan penyakit autoimun yang membuat sistem kekebalan menyerang persendian. Hal ini membuat peradangan di sekitar persendian. Daktilitis tidak termasuk ciri khas RA, namun pembengkakannya bisa menyerupai sosis.

RA umumnya bisa berdampak pada tangan, lengan, kaki, pergelangan kaki, siku, dan lutut. Pembengkakan RA dapat mereda dengan pengobatan.

Sickle Cell Disease (SCD)
Daktilitis juga menjadi salah satu awal gejala penyakit SCD atau kelainan darah yang menyebabkan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh menjadi lengket dan keras.

SCD kerap menyebabkan kekurangan sel darah merah. Bentuk sel darah ini dapat menyumbat pembuluh darah yang sempit dan bisa mengakibatkan nyeri dan infeksi.

Gejala SCD dapat ditunjukkan dengan warna kulit kekuningan, mata berwarna putih kekuningan, dan mudah kelelahan.

Penyebab lain
Daktilitis dapat disebabkan penyakit-penyakit lain antara lain berikut ini:
  • Tuberkulosis
  • Sifilis
  • Sarkoidosis
  • Asam urat
  • Penyakit lyme





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Teka Teki Pemicu Jari Bengkak Raja Charles III, Disorot karena Mirip Sosis"