Hagia Sophia

08 May 2023

Menkes: Indonesia Telah Mempersiapkan Transisi Pandemi ke Endemi

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru saja mengakhiri status darurat COVID-19 dunia. Salah satu pertimbangannya yakni kasus penularan dan kematian COVID-19 telah melambat dari puncaknya.

Terkait situasi di Indonesia, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (Menkes) mengatakan Indonesia telah mempersiapkan transisi pandemi ke endemi melihat situasi COVID-19 yang terjadi di Tanah Air mulai menurun.

"Kita juga sudah persiapkan obatnya, vaksinasinya, kemudian pendidikan masyarakatnya dan kita juga lapor ke WHO bahwa Indonesia sudah siap (transisi pandemi ke endemi)," beber Menkes saat ditemui di Kantor Kemenkes, Minggu (7/5/2023).

Adapun perubahan yang akan terjadi di masyarakat, menurut Menkes, pemerintah tidak akan terlalu banyak intervensi terkait aturan-aturan mengenai COVID-19 seperti yang lalu.

Kendati status kegawatdaruratan pandemi sudah dicabut, pemerintah tetap mengedepankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. WHO juga menegaskan perlunya masa transisi untuk penanganan COVID-19 jangka panjang.

"Kalau untuk masyarakat yang paling beda, adalah bahwa nanti intervensi pemerintah tidak akan Sebanyak seperti kalau ini pandemi. Penyakit kan banyak ya menular, tapi semua penyakit yang paling bagus penangannya dilakukan oleh masing-masing individu," ucapnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes: Indonesia Sudah Siap Akhiri Kedaruratan COVID-19"