Hagia Sophia

14 July 2023

Beberapa Kebiasaan Ini Bisa Pengaruhi Peluang Umur Panjang

Ilustrasi awet muda. (Foto: Istimewa/ Unsplash.com)

Memiliki usia atau umur yang panjang merupakan keinginan banyak orang. Berbagai cara mungkin dilakukan untuk bisa 'memperlambat' penuaan, mulai dari mengkonsumsi suplemen, obat-obatan, dan cara medis lainnya agar dapat hidup lebih lama.

Tapi, tenang saja tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan itu. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa saja berumur panjang dengan memulai kebiasaan yang sehat. Bagaimana caranya?

Dikutip dari laman Very Well Health, ada beberapa kebiasaan yang mungkin harus dihentikan agar bisa berumur panjang. Apa saja?

Setop Konsumsi Makanan Olahan
Selama 30 tahun terakhir, pola makan utama di banyak negara mulai beralih ke makanan olahan. Seiring dengan pemrosesan, terjadi peningkatan natrium tambahan, lebih banyak lemak jenuh, lebih banyak gula, dan lebih sedikit serat. Hasilnya? Lebih banyak penyakit kardiovaskular, hipertensi, kanker, dan diabetes.

Maka dari itu, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang 'bersih' lebih sering, termasuk makanan berserat tinggi (yang terkait dengan umur panjang) dan bahan lain yang dibeli dan siapkan sendiri.

Jika tidak memiliki banyak waktu, masak terlebih dahulu dalam jumlah besar, atau beli salad siap pakai dan sayuran segar atau beku lainnya sambil memperhatikan kandungan natrium dan gula pada label.

Berhenti Merokok
National Institute of Health (NIH) mengatakan penggunaan tembakau tetap menjadi penyebab kematian yang paling bisa dicegah. Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa merokok dapat merampas satu dekade kehidupan manusia.

Dengan berhenti merokok, tekanan darah dan sirkulasi segera membaik. Selain itu, risiko terkena kanker menurun setiap tahun sesudahnya.

Perlu diingat bahwa anggota keluarga juga akan mendapat manfaat jika tetap bebas tembakau karena mereka tidak lagi terpapar asap rokok orang lain yang berbahaya. Keuntungan lainnya, penampilan juga akan terlihat lebih muda.

Jangan Kebanyakan Duduk
Berolahraga minimal 30 menit sehari yang rutin dilakukan 5 kali atau lebih dalam seminggu bisa memperpanjang umur lho. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa 15 menit latihan intensitas sedang setiap hari membantu subjek hidup tiga tahun lebih lama.

Salah satu latihan 'intensitas sedang' adalah berjalan cepat. Itu mungkin harus dimasukkan ke dalam rutinitas harian, yang bisa menambah kesempatan agar bisa berumur panjang.

Jangan Simpan Dendam
Kemarahan bisa menjadi emosi yang sulit untuk dilepaskan, terutama jika merasa benar atas kemarahan itu. Tingkat hormon stres ini naik ketika sedang stres atau marah, dengan efek negatif pada jantung, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh.

Kortisol tinggi telah dikaitkan dengan kematian yang lebih besar dalam sejumlah penelitian.

Sering Ketakutan dan Cemas Bikin Nggak Sehat
Dari semua ciri kepribadian yang dapat memengaruhi umur panjang, kehati-hatian secara konsisten menduduki peringkat penting, mungkin yang paling penting. Nah, orang yang sering ketakutan cenderung melakukan perilaku sehat seperti makan dengan baik, berolahraga, dan semua mengikuti saran dokter, sambil menghindari perilaku berisiko seperti merokok dan mengemudi terlalu cepat.

Seseorang yang neurotik atau cenderung emosian dan punya keraguan yang tidak stabil bisa berkaitan dengan kecemasan, kemarahan, dan depresi. Misalnya, orang neurotik mungkin khawatir dia menderita kanker, dan takut akan yang terburuk, tidak pergi ke dokternya.

Orang yang teliti mungkin masih khawatir, tetapi diperiksa atau diuji, dan dirawat tepat waktu.

Jangan Kebanyakan Begadang!
Jumlah tidur dalam sehari dapat memengaruhi umur, bukan hanya karena pengemudi yang mengantuk berisiko mengalami kecelakaan mobil. Dalam studi epidemiologi, tidur terlalu sedikit (kurang dari enam jam) atau lebih banyak (lebih dari sembilan jam) memiliki telah terbukti menempatkan orang pada risiko kematian yang lebih besar.

Mulailah belajar untuk tertidur lebih cepat dan mengambil langkah-langkah yang dapat membantu, seperti menjaga kamar tidur tetap gelap dan bebas gangguan serta memiliki suhu yang sejuk. Latihan meditasi dapat mengatur panggung untuk tidur malam yang nyenyak, dan mesin derau yang murah dapat membantu dengan suara yang menenangkan.

Jika masih kesulitan untuk tidur atau tetap tertidur, temui penyedia layanan kesehatan untuk bantuan lebih lanjut.

Kurangi Stres
Seperti kemarahan, stres berdampak buruk pada tubuh dan sebenarnya dapat mempersingkat hidup seseorang. Dengan mencoba mengurangi stres, itu dapat meningkatkan kesehatan dalam jangka panjang dan kualitas hidup untuk sementara.

Membuat jurnal atau menulis di buku harian, bermeditasi (praktik dengan banyak manfaat umur panjang), dan belajar untuk rileks adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Melakukan meditasi hanya dalam beberapa menit sehari, bahkan saat bekerja, dapat memberi otak sedikit penyegaran dari kecemasan dan ketegangan yang dibutuhkannya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Pangkas Peluang Panjang Umur"