Hagia Sophia

14 July 2023

Pria India Dilaporkan Potong Habis Penisnya Sendiri, Ini Beritanya

Foto: iStock

Seorang pria di India dilaporkan memotong habis alat kelaminnya dan membuangnya di toilet. Pria itu nekat memotong penisnya setelah mendengar 'suara-suara aneh'.

Dalam laporan medis Open Journal of Clinical and Medical Case Reports, dokter di Bharati Vidyapeeth Medical College di Pune, India, dijelaskan bahwa pria berusia 52 tahun itu datang dengan kondisi alat kelaminnya sudah habis. Pria itu tidak ke rumah sakit sampai 16 jam setelah memotong alat kelaminnya.

Dokter mengatakan pasien tersebut sudah lama berhenti meminum obat untuk kondisi kesehatan jiwanya.

Saat tiba di rumah sakit, kulit skrotum pria itu sudah copot dari akar penis. Petugas medis segera membawa pria itu ke ruang operasi untuk membersihkan lukanya dan memperbaiki bentuk kelaminnya.

Setelah tujuh hari di rumah sakit, pria itu dipulangkan. Pria itu melaporkan tidak ada komplikasi lain dan bisa buang air kecil.

Menulis di jurnal, mereka menyatakan amputasi penis yang dilakukan sendiri itu termasuk sindrom Klingsor, kondisi langka dari menyakiti diri sendiri secara fisik yang berasal dari anomali psikologis.

"Ini tidak hanya muncul sebagai keadaan darurat bedah tetapi juga berpotensi memperburuk tekanan psikologis pasien dan tantangan perawatan," tulis peneliti.

Sindrom Klingsor pertama kali dicatat dalam literatur medis pada 1990-an dan sejak itu jarang didokumentasikan, dengan kurang dari 30 laporan resmi.

Pasien yang melakukan tindakan seperti itu biasanya mengidap gangguan kejiwaan, halusinasi atau penyalahgunaan narkoba.

Sindrom Klingsor atau amputasi penis traumatis yang dilakukan sendiri adalah entitas klinis langka yang dikaitkan dengan gangguan kejiwaan, halusinasi perintah, penyalahgunaan zat, dan isolasi dari atau pengabaian oleh masyarakat. Selain jarang ditemui, ini adalah keadaan darurat bedah yang jarang terjadi, dengan kurangnya data tentang manajemen yang tepat dan tepat waktu untuk memastikan hasil fungsional yang optimal.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pria India Nekat Potong Habis Kelaminnya, Ternyata Idap Skizofrenia"