Hagia Sophia

14 July 2023

Ingin Sukses Diet Seperti Tina Toon? Harus Hindari 3 Hal Berikut

Tina Toon berhasil menurunkan berat badannya hingga 25 kilogram. (Foto: Instagram @tinatoon101)

Sosok Tina Toon dikenal sebagai mantan artis cilik papan atas di Indonesia. Jika dahulu lagu 'bolo-bolo' yang membuatnya populer, Tina kini menjadi sorotan karena kesuksesannya menurunkan berat badan.

Jika semasa kecil Tina dikenal sebagai artis cilik yang gemuk dan menggemaskan, kini ia berubah drastis memiliki 'body goals' yang diidamkan oleh banyak orang. Selama menjalankan program diet, Tina sukses menurunkan berat badannya hingga 25 kilogram.

Pola makan sehat seperti menghindari gorengan, menghitung kalori masuk, dan memperbanyak konsumsi air putih menjadi kuncinya bisa memangkas berat badan hingga puluhan kilogram. Selain itu olahraga rutin juga menjadi resep lain yang membuatnya punya badan ideal.

Jika ingin sukses diet seperti Tina Toon, ada beberapa hal yang harus dihindari agar program diet bisa berjalan sukses. Apa saja?

Kurang Asupan Protein
Asupan protein yang tinggi dan dikombinasikan dengan serat dapat membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Mengonsumsi makanan yang memiliki makronutrien tinggi seperti ayam atau ikan dapat membantu mengontrol ukuran porsi.

"Meskipun ada sedikit hubungan yang kuat antara makan lebih banyak makanan yang mengenyangkan dan menjaga berat badan, sebagai bagian dari rencana diet sehat, ini dapat membantu Anda untuk lebih mengontrol pilihan makanan Anda dan lebih mampu mempertahankan berat badan Anda," ucap ahli diet Dr Duane Mellor dikutip dari Daily Mail, Kamis (13/7/2023).

Mellor menambahkan tidak hanya dari segi jumlah, kualitas protein yang dikonsumsi juga penting.

Diet Terlalu Ketat
Mengurangi asupan kalori terlalu banyak justru dapat membuat perjuangan menurunkan berat badan menjadi lebih berat.

"Diperkirakan bahwa mengurangi jumlah yang Anda makan dan asupan kalori Anda terlalu banyak dapat mengurangi jumlah aktivitas yang tidak disengaja. Hal ini berarti penurunan berat badan mungkin sedikit melambat," ucap Mellor.

Selain itu, pengurangan terlalu banyak kalori yang masuk dalam tubuh juga bisa membuat pelaku diet kehilangan lebih banyak otot daripada lemak. Jumlah kalori yang dikurangi untuk diet yang direkomendasikan adalah 500 kalori per hari menjadi 1.500 untuk wanita dan 2.000 untuk pria.

Mengonsumsi Minuman dengan Gula
Minuman manis mengandung gula dapat mengacaukan program diet yang dijalankan. Selain menambah kalori, minuman manis dapat memicu rasa lapar kembali walaupun sudah makan.

"Bukan hanya proporsi karbohidrat, protein dan lemak yang dapat mempengaruhi penurunan berat badan. Pada akhirnya pola makanlah yang memungkinkan seseorang untuk makan dengan sehat dan mengurangi asupan energi mereka dengan cara yang berkelanjutan dan terjangkau," kata Mellor.

Mellor merekomendasikan beralih ke air putih biasa atau minuman tanpa pemanis untuk mengatur asupan energi selama proses diet dilakukan. Menurutnya, membuat perubahan jangka panjang yang dapat diatur adalah cara terbaik untuk mengatur berat badan.

"Lebih baik untuk tidak berfokus pada berat badan dan mempertimbangkan bagaimana kita mencoba meningkatkan kesehatan kita," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pengin Sukses Diet Bak Tina Toon? Ini 3 Hal yang Harus Dihindari"