Hagia Sophia

14 July 2023

Program Centang Biru Instagram dan Facebook Resmi Diluncurkan di Indonesia

Pengguna di RI Bisa Beli Centang Biru Instagram dan Facebook, Segini Tarifnya Foto: Thiago Prudencio/Getty Images

Meta Verified, program centang biru berbayar untuk Instagram dan Facebook, resmi diluncurkan di Indonesia. Kehadiran layanan berlangganan ini diumumkan langsung oleh Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian.

"Dengan senang saya menyampaikan bahwa Meta Verified kini telah tersedia dan dapat dibeli secara langsung melalui Instagram atau Facebook di Indonesia," kata Pieter dalam postingan di akun Instagram pribadinya, seperti dikutip detikINET, Jumat (14/7/2023).

"Kami sangat bersemangat melihat bagaimana para kreator di Indonesia akan memanfaatkan hal ini untuk membangun komunitas mereka di Instagram, Facebook, dan sekarang Threads," sambungnya.

Sebelum hadir di Indonesia, Meta Verified baru tersedia di negara tertentu seperti Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Kini Meta Verified telah tersedia di lebih dari 30 negara di Asia Pasifik, termasuk Indonesia, Singapura, Jepangm Filipina, Hong Kong, Taiwan, Thailand, dan masih banyak lagi.

Layanan Meta Verified sendiri memiliki banyak kemiripan seperti Twitter Blue. Pengguna bisa mendapatkan centang biru untuk memverifikasi keaslian akunnya, serta mendapatkan sejumlah fitur eksklusif lainnya.

Beberapa fitur eksklusif yang ditawarkan Meta Verified adalah perlindungan lebih dari peniruan akun, dukungan dengan akses ke customer service manusia yang nyata untuk masalah akun yang umum, dan fitur eksklusif untuk mengekspresikan diri pengguna dengan cara yang unik.

Pengguna yang hendak berlangganan Meta Verified harus memenuhi sejumlah persyaratan. Pendaftar harus berusia minimal 18 tahun dan memenuhi persyaratan aktivitas minimum, seperti riwayat unggahan sebelumnya.

Pendaftar juga harus menyertakan kartu identitas dari pemerintah, seperti KTP atau SIM, yang sesuai dengan nama profil dan foto akun Facebook atau Instagram yang diajukan.

"Keamanan merupakan inti dari hadirnya Meta Verified karena kami tahu bahwa penting untuk merasa yakin bahwa orang yang berinteraksi dengan Anda adalah orang yang sesungguhnya," kata Pieter.

"Kami melakukan serangkaian pemeriksaan di Meta Verified baik sebelum, selama, maupun setelah seseorang mendaftar," sambungnya.

Pengguna Instagram dan Facebook bisa berlangganan Meta Verified lewat aplikasi di Android dan iOS, atau lewat web. Langganan via aplikasi di Android atau iOS dikenakan biaya Rp 130.000 per bulan, sedangkan via web dipatok tarif sebesar Rp 100.000 per bulan.

Perbedaan tarif ini sepertinya dikarenakan komisi yang diambil Google dan Apple dari transaksi yang dilakukan lewat Play Store dan App Store. Twitter Blue juga menerapkan kebijakan tarif yang sama untuk mengatasi hal tersebut.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Pengguna di RI Sudah Bisa Beli Centang Biru Instagram, Ini Tarifnya"