Hagia Sophia

14 July 2023

Tips Panjang Umur Orang Jepang, Tidak Perlu ke Gym ataupun Lari Maraton

Orang tua di Jepang. (Foto: Dikhy Sasra)

Orang Jepang sangat terkenal dengan gaya hidup yang sehat dan sikap yang positif. Tak jarang, kebiasaan-kebiasaan itu dipercaya membuat warga Jepang bisa hidup panjang umur.

Bahkan, warga jepang disebut bisa bertahan hidup dalam kondisi yang sehat hingga mencapai usia lebih dari 100 tahun. Tentunya, itu semua harus seimbang dengan aktivitas fisik.

Penulis 'Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life", Héctor García dan Francesc Miralles, mengungkap rahasia di balik warga Jepang yang panjang umur. Mereka berbicara dengan lebih dari 100 orang tertua di Okinawa, Jepang, salah satu Blue Zone dengan konsentrasi centenarian tertinggi di dunia.

Keduanya memahami perilaku sehari-hari para centenarian Okinawa, termasuk cara mereka menggerakkan tubuh.

"Anda tidak perlu pergi ke gym selama satu jam setiap hari atau lari maraton," tulis García dan Miralles.

"Seperti yang ditunjukkan oleh para centenarian Jepang kepada kita, yang Anda butuhkan hanyalah menambahkan gerakan di kehidupan sehari-hari," sambungnya yang dikutip dari laman CNBC, Kamis (13/7/2023).

Aktivitas yang sering dilakukan orang Jepang untuk bisa tetap sehat dan panjang umur adalah dengan olahraga selama 5 menit.

Hampir semua orang yang diwawancarai García dan Miralles mengatakan bahwa mereka berlatih radio taiso, olahraga Jepang populer yang telah ada selama beberapa dekade. Rajio taisō, yang diterjemahkan menjadi 'latihan radio' mendapatkan namanya karena instruksi untuk gerakan tersebut disiarkan di radio pada tahun 1929.

"Bahkan penghuni panti jompo yang kami kunjungi mendedikasikan setidaknya lima menit setiap hari untuk itu, meskipun beberapa melakukan latihan dari kursi roda mereka," tulis para penulis.

Gerakan yang ditampilkan berintensitas rendah, bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari. Kegiatan ini hanya membutuhkan waktu selama 3-5 menit per harinya.

Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk mempromosikan semangat dari para pesertanya. Latihan ini biasanya dilakukan secara berkelompok, termasuk di sekolah saat sebelum belajar, dan sebelum mulai bekerja.

"Salah satu latihan radio taiso yang paling ikonik terdiri dari mengangkat tangan ke atas kepala dan kemudian menurunkannya dengan gerakan melingkar," tulis penulis.

"Ini mungkin tampak mendasar, tetapi dalam kehidupan modern kita, kita dapat menghabiskan hari-hari tanpa mengangkat tangan ke atas telinga kita," lanjut mereka.

Yoga dan tai chi juga merupakan olahraga yang umum di kalangan lansia di Jepang. Tetapi jika tidak menyukai salah satu dari latihan ini, bisa memilih latihan yang disukai dan tetap bisa membuat tubuh bergerak seperti olahraga.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tips Panjang Umur Orang Jepang, Sempatkan Lakukan Ini Tiap Hari Selama 5 Menit"