Hagia Sophia

18 August 2023

3 RS Pemerintah Diduga Lakukan Bullying, Ini Jenis Perudungannya

Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

Kurang dari sebulan sejak Instruksi Menteri Kesehatan terkait penindakan bullying dirilis, Kementerian Kesehatan RI menerima 91 laporan kasus perundungan. Ada 44 di antaranya terjadi di lingkup rumah sakit pendidikan yang dinaungi Kemenkes RI.

Dari 44 laporan yang terjadi, tiga kasus di RS Hasan Sadikin Bandung, RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), hingga RSUP Adam Malik sudah berproses di tahap investigasi untuk kemungkinan penindakan lebih lanjut. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Muhammad Azhar Jaya menyebut hal ini menjadi pertanda fenomena bullying bukan suatu hal yang 'diada-adakan'.

"Kami akan serius melakukan tindakan, kalau masih ada lagi setelah ini, kami serius akan melindungi, saya juga meminta kepada pimpinan RS, khususnya di lingkungan Kementerian Kesehatan untuk menjalankan hasil investigasi, arahan-arahan, kepada seluruh stakeholder terkait dengan proses pendidikan yang ada di RS," beber dr Azhar dalam konferensi pers Kemenkes RI, Kamis (17/8/2023).

"Saya harap para dirut, direktur, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mencegah perundungan ini lebih lanjut, kalau tidak mendukung Kemenkes RI punya wewenang untuk mencabut status sebagai RS pendidikan," sambungnya.

Apa Saja Bentuk Perundungan yang Dilaporkan?

Banyak laporan berkaitan dengan permintaan uang di luar kewajiban proses pendidikan. Tidak hanya itu, beberapa kegiatan di Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) juga disebut mengorbankan waktu peserta didik terlampau banyak atau berlebihan.

Misalnya, dalam waktu jam jaga.

"Saya perlu sampaikan bahwa mayoritas pelaporan yang kami terima, terjadi adanya perundungan permintaan biaya di luar kebutuhan pendidikan," beber Inspektur Jenderal Kemenkes drg Murti Utami dalam kesempatan yang sama.

"Pelayanan atau penelitian yang tidak seharusnya dilakukan peserta didik dan tugas-tugas lain termasuk adanya jam jaga, waktu jaga yang berlebihan, di luar batas wajar," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "3 RS Ditegur Imbas Bullying, Kemenkes Ungkap Jenis Perundungan Terbanyak"