Hagia Sophia

18 August 2023

Dalam 3 Hari RSCM dan RS Hasan Sadikin Harus Tuntaskan Masalah Bullying

Ilustrasi kasus bullying di kalangan dokter. (Foto: Getty Images/iStockphoto/bojanstory)

Dari 44 laporan perundungan di lingkup rumah sakit pendidikan yang dinaungi Kementerian Kesehatan RI, tiga di antaranya terjadi di RS Hasan Sadikin Bandung, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), hingga RSUP Adam Malik.

Setelah dilakukan investigasi, Kemenkes RI melayangkan surat teguran kepada jajaran direksi ketiga RS tersebut. Sanksinya tak main-main, bila didapati kembali kasus perundungan di masa mendatang, pihaknya akan mencabut wewenang RS sebagai RS pendidikan.

Surat teguran yang diberikan Kemenkes RI kepada 3 RS ini, juga harus ditindaklanjuti maksimal dalam tiga hari.

"Dalam surat teguran tersebut, diminta Dirut untuk memberikan surat teguran kepada stakeholder terkait, ini saya berharap dapat diselesaikan oleh teman-teman dirut dalam 3 hari," jelas Inspektur Jenderal Kemenkes drg Murti Utami dalam konferensi pers Kamis (17/8/2023).

"Sehingga apabila dalam 3 hari ini belum juga diterbitkan surat teguran di lingkungan RS tersebut oleh bapak ibu direksi dirut, ini diberlakukan langkah-langkah lanjutan sehingga betul-betul ini kita lakukan serius jangan sampai terjadi lagi, sampai kapanpun harus kita setop bullying," lanjut dia.

Dalam kesempatan serupa, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr Azhar Jaya berharap pemberian teguran ini merupakan tindakan terakhir. Artinya, ke depan, pihak direksi RS terkait memastikan kasus bullying tidak kembali ditemukan atau 'zero case'.

"Kemenkes akan terus melakukan monitoring tindak lanjut kepada RS yang sudah kami layangkan ke pimpinan RS terkait, kami ingin RS-RS yang sudah kami berikan surat, tidak terjadi lagi (bullying)," pesan dia.

Sementara drg Murti sudah mengusulkan agar pihak RS membuat ketentuan transparan selama pendidikan. Misalnya, terkait jam jaga yang banyak dikeluhkan.

"Ini saya udah rekomendasikan ke teman-teman RS agar dibuat sebuah sistem, dalam bentuk aplikasi sehingga absennya sacra digital, bisa transparan sehingga semua orang bisa mengetahui jam jaganya dalam satu minggu, requirementnya, sudah terpenuhi atau tidak," pungkas dia.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kena Semprit! RSCM-RS Hasan Sadikin Wajib Tuntaskan Kasus Bullying dalam 3 Hari"