Hagia Sophia

12 September 2023

Pria Aceh Usia 29 Tahun Tapi Wajahnya Mirip Usia 80 Tahun

Viral pria cutis laxa, wajah lebih tua dari usia. (Foto: Tangkapan layar viral atas izin yang bersangkutan)

Seorang pria asal Aceh Utara viral karena konten yang mengaku dirinya berusia muda dengan wajah tua. Mukhlis (29) ternyata mengidap penyakit langka, sindrom cutis laxa yang dialaminya sejak lahir. Sindrom ini membuat wajah tampak tua.

Ibunya Mukhlis baru mengetahuinya saat diri anaknya kelas 4 sekolah dasar. Di tahun 2004 pasca tsunami Aceh, Mukhlis dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya drop.

"Pas SD Kelas 4. Waktu pas kejadian tsunami di Aceh, kan waktu itu banyak relawan dari mancanegara yang ke Aceh. Bule-bule, dokter-dokter, dari Amerika, Eropa jadi mereka yang memberi tahu. Waktu itu saya memang ada sakit ya, komplikasi, pernapasan kurang lancar. Termasuk ada hernia juga. Kalau di RS kabupaten (rumahnya) gabisa ditangani karna alatnya kurang lengkap, dokter spesialisnya juga gak ada, jadi dirujuk ke RS Banda Aceh," cerita Mukhlis saat diwawancarai detikcom Sabtu (09/09/2023).

Hingga saat ini diagnosa sindrom cutis laxa belum di konsultasikan lebih lanjut. Mukhlis mengaku kesulitan melakukan itu karena kondisi ekonomi dan daerahnya yang ada di pelosok. Jadi, belum mengetahui apa sebenarnya sindrom yang diidapnya.

"Belum (konsultasi lagi), cuma waktu karena ada keluhan jadi dibawa ke Banda Aceh, relawan itu bilang anak ibu ini ada kelainan. Para relawan itu dokter spesialis, cuma bilang begitu. Pas operasi hernia selesai beberapa hari langsung pulang saja gitu," tambah Mukhlis.

Selama remaja, kondisi tubuh Mukhlis seringkali drop hingga membuatnya bolak-balik rumah sakit. Tepatnya sebelum usianya 20 tahun, dia sering melakukan opname. Efek yang sering dirasakan adalah sesak napas.

Setelah beranjak dewasa, kesehatan Mukhlis mulai stabil. Kondisi ini tidak mudah dilewati, bahkan memengaruhi kesehatan mentalnya.

"Pas kecil, saya memang kayak anak kecil normal. Waktu usia remaja, masa dropnya, menyadari perbedaan fisik sama orang lain. Mulai ngurung-ngurung diri. Jangankan main, keluar rumah aja engga berani. Jadi, dulu minder banget sekarang udah engga, percaya dirinya mulai tumbuh," ucap Mukhlis dengan semangat.

Kini Mukhlis bekerja di sebuah home industry yang membuat dirinya semangat menjalani hari-hari. Meskipun masih kambuh sesak napas saat terlalu lelah. Dia sudah terbiasa menghadapinya.

"Kalau sekarang udah lama enggak masuk RS lagi. Sebenernya efek sesak napas itu agak mengganggu aktivitas sehari-hari tapi masih enggak apa-apa karena bekerja di rumah," pungkas Mukhlis.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Pria di Aceh Idap Sindrom Langka, Usia 29 Tapi Wajah Bak 80 Tahun"