Hagia Sophia

12 September 2023

Rahasia Panjang Umur Kakek 95 Tahun: Nikmati Hidup

Foto: iStock & instagram @kyliejenner

Banyak orang mencoba berbagai cara untuk bisa hidup panjang umur dan jauh dari risiko penyakit. Seiring itu, sering terdengar narasi bahwa banyak warga Jepang bisa hidup panjang umur dengan usia mencapai lebih dari 100 tahun. Disebut-sebut, usia mereka itu dipengaruhi oleh asupan makan yang amat sehat dibarengi aktivitas fisik yang baik.

Dikutip dari CNBC, seorang kakek berusia 95 tahun di Osaka, Jepang, membagikan sejumlah hal yang rutin dilakukannya setiap hari. Hal-hal ini tak pernah di-skip. Ia meyakini, kebiasaan ini juga yang membuatnya hidup sehat dan bahagia.

Kakek bernama Reizo tersebut adalah seorang pensiunan dokter spesialis jantung. Seumur hidupnya, ia senantiasa memiliki cara pandang yang kreatif.

Lantas, apa saja yang dilakukan Reizo setiap hari sehingga bisa hidup sehat sampai usianya saat ini 95 tahun? Berikut penjelasannya:

1. Jalan-jalan Pagi
Kakek tersebut terbiasa bangun pagi. Pukul 5 pagi, ia sudah bangun dari kasurnya dan langsung jalan-jalan pagi selama 30 menit hingga satu jam. Setidaknya dalam satu hari, ia mencapai 7.000 langkah berjalan.

2. Rutin Berolahraga
Setelah jalan pagi, kakek Reizo melakukan olahraga sesuai dengan kemampuan tubuhnya. Ia memulai dengan peregangan, kemudian melakukan serangkaian latihan kekuatan dan latihan keseimbangan. Ia selalu memastikan, aktivitas fisiknya itu sesuai dengan kapabilitasnya agar tak malah memberikan beban terlalu berat pada tubuhnya.

3. Terhubung dengan Orang-orang Tersayang di Medsos
Setelah berolahraga, Reizo selalu mengeluarkan laptop-nya dan berinteraksi dengan orang-orang terdekatnya lewat Facebook dan Instagram. Dengan terhubung dengan keluarga dan cucu-cucunya, ia senantiasa menjaga kesehatan emosinya.

Nyatanya menurut penelitian, isolasi sosial pada orang lanjut usia mengakibatkan tingginya risiko tingkat kesepian, terutama di kalangan pria lanjut usia.

4. Sering 'Curhat' di Blog
Sejak 2014, Reizo rutin meluangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk menulis pemikiran, pengalaman, dan wawasannya di blognya. Sekarang memiliki lebih dari 1.000 postingan.

Dengan begitu, Riezo secara konsisten mencatat dan mengingat banyak tindakan kecil yang dilaluinya.

5. Senang Menggambar
Setiap hari, Reizo meluangkan waktu untuk duduk dan menggambar potret dirinya. Ia dengan hati-hati membuat sketsa setiap garis, bayangan, dan detail. Dengan begitu, Reizo mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dirinya sendiri.

6. Punya Banyak Hobi
Sejak pandemi COVID-19 terjadi, Reizo menemukan hobi baru berkebun, terinspirasi dari bunga dan tanaman yang dilihatnya saat berjalan. Kemudian sesuai saran sang istri, Reizo mencoba hobi baru bermain alat musik tiup kayu. Menurutnya, instrumen musik itu bisa membantu pernapasan.

Baginya, tidak ada kata terlambat untuk mempelajari keterampilan baru. Ia selalu berpikiran terbuka dan suka berpetualang, selalu mencari pengalaman baru untuk memuaskan rasa ingin tahunya.

7. Rutin Tidur Siang
Setelah melakukan semua aktivitas tersebut, Reizo selalu meluangkan waktu untuk 'mengisi bahan bakar' dengan tidur siang. Biasanya, ia tidur setengah jam di pagi hari sekitar jam 8 atau 9 pagi, kemudian tidur lagi sore hari.

8. Banyak Makan Enak
Di samping aktivitas fisiknya, Reizo selalu berusaha menikmati hidup. Di antaranya, dengan menikmati makanan-makanan lezat seperti daging merah, keju, dan minum anggur berkualitas.

Namun begitu, ia juga rutin mengkonsumsi makanan sehat yang dihidangkan oleh sang istri. Salah satunya, masakan kari yang lezat bukan main.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rahasia Panjang Umur Kakek 95 Tahun di Jepang, Nikmati Hidup Adalah Kuncinya!"