Hagia Sophia

05 November 2023

Liga Inggris: Man City Kalahkan Bournemouth 6-1

Juara bertahan Manchester City pesta gol 6-1 untuk menggilas Bournemouth. (Foto: Action Images via Reuters/JASON CAIRNDUFF)

Manchester City mendulang tiga poin setelah menang meyakinkan atas Bournemouth dengan skor 6-1. Jeremy Doku tampil impresif di dalam kemenangan Man City.

Duel Man City vs Bournemouth dilangsungkan di Stadion Etihad pada Sabtu (4/11/2023) malam WIB. Doku menyumbang satu gol dan mengkreasikan empat gol lainnya yang dicetak Bernardo Silva (2), Manuel Akanji, pemain pengganti Phil Foden. Adapun satu gol Man City lainnya diciptakan oleh Nathan Ake.

Bournemouth menghadapi tekanan dari the Citizens di hampir sepanjang permainan. The Cherries menciptakan gol hiburan dari Luis Fernando Sinisterra selepas laga bergulir 70 menit.

Berkat kemenangan ini Man City memuncaki klasemen Liga Inggris. Man City mengoleksi 27 poin dari 11 pertandingan, unggul satu poin dari Tottenham Hotspur (2) dan Arsenal (3) yang baru akan bermain belakangan. Sementara itu Bournemouth menempati posisi 17 dengan enam poin, hanya satu angka dari Luton Town di zona degradasi.

Jalannya Pertandingan

Man City langsung mengambil inisiatif serangan setelah kickoff. Namun, baru setelah 20 menit peluang membahayakan terlahir. Sundulan Erling Haaland menyambut umpan Julian Alvarez menghantam tiang gawang Bournemouth.

Kebuntuan Man City terpecah. Di menit ke-30, Jeremy Doku mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Dari sisi kiri kotak penalti, Doku bekerja sama dengan Rodri. Doku kemudian menuntaskan sodoran Rodri dengan tembakan melengkung yang mengenai Chris Mepham sebelum masuk ke gawang Bournemouth.

Hanya tiga menit berselang, Man City sukses memperbesar keunggulannya. Bernardo Silva memaksa Ionu Radu memungut bola dari jalanya sendiri untuk kedua kalinya.

Giliran Doku menjadi kreator gol kedua Man City. Winger Belgia itu menggocek bola untuk memperdaya Mepham, lalu mengirim umpan silang mendatar ke tengah kotak penalti. Bernardo Silva terlepas dari kawalan lalu menyongson umpan Doku dengan sepakan kaki kiri ke sudut bawah gawang. Skor kini 2-0.

Man City menggila. Di menit ke-37, Man City melahirkan gol ketiga untuk mengungguli Bournemouth 3-0. Umpan mendatar Bernardo Silva kepada Jeremy Doku diteruskan dengan tembakan kaki kanan.

Bola bergulir kencang lalu mengenai badan Manuel Akanji dan berbelok sehingga mengecoh Radu sebelum menembus gawang Bournemouth.

Bournemouth akhirnya membuat perlawanan di lima menit terakhir. Dari skema serangan balik, kerja sama Alex Scott dengan Ryan Christie diteruskan Dominic Solanke dengan tandukan. Bola hanya mengarah ke pelukan Ederson.

Di injury time, Haaland mendapatkan sebuah peluang untuk menciptakan gol setelah menerima umpan matang dari Bernardo Silva. Namun, Illia Zabarnyi membuat blok cemerlang untuk menggagalkannya. Skor 3-0 untuk keunggulan Man City bertahan sampai turun minum.

Man City tidak mengendurkan tekanan meski sudah unggul jauh dari Bournemouth. Setelah sejam, Man City menciptakan gol keempat sehingga memimpin 4-0 atas Bournemouth.

Jeremu Doku menerima sebuah umpan mendatar di sayap kiri sebelum melepaskan umpan silang yang menemui Phil Foden. Dari tengah kotak penalti, Fode menyelesaikan dengan sontekan kaki kiri yang bersarang di sisi atas jala gawang Bournemouth.

Di tengah serbuan Man City, Bournemouth mampu mencuri gol di menit ke-74. Memanfaatkan garis pertahanan tinggi lawan, Maximillian Aarons menerima umpan matang dari belakang.

Aarons kemudian mengirim crossing dari sayap kanan yang menemui Sinisterra. Pemain yang disebut terakhir mengecoh Kyle Walker sebelum menyelesaikan dengan tembakan mendatar untuk mengubah skor menjadi 1-4.

Man City menambah keunggulannya menjadi 5-1 di delapan menit terakhir. Bernardo Silva menciptakan gol keduanya di pertandingan ini. Doku dengan jeli melepaskan umpan matang dari belakang yang membebaskan Bernardo Silva di depan.

Bernardo menggiring bola lalu melepaskan sepakan kaki kiri dari sudut sempit. Zabarnyi melakukan sapuan, tapi bola sudah kadung melewati garis gawang. Mattheus Nunes menyongsong bola dengan sepakan voli, tapi Silva yang mendapatkan gol itu.

Di menit ke-88 Nathan Ake menggenapkan kemenangan Man City menjadi 6-1. Dari sayap kanan, kerja sama Nunes dengan Oscar Bobb diakhiri dengan sebuah umpan silang ke kotak 6 yard. Ake mengalahkan penjagaan Senesi lalu menanduk bola dari jarak dekat.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson, Walker, Nathan Ake, Stones (Rico Lewis 71'), Akanji, Rodri (Phillips 71') Kovacic, Julian Alvarez (Nunes 71'), Bernardo Silva (Bobb 85'), Jeremy Doku, Haaland (Foden 46')

Bournemouth: Ionu Radu, Mepham (Senesi 46'), Zabarnyi, Aarons, Kerkez, Scott, Billing, Christie, Tavernier, Solanke (Kluivert 85')


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs Bournemouth: Doku Cemerlang, The Citizens Pesta Gol 6-1"