Hagia Sophia

20 April 2024

Beberapa Gejala Gula Darah Tinggi yang Muncul Saat Bangun Tidur

Foto: dok. Getty Images/iStockphoto/AMR Image

Menurut Kementerian Kesehatan, kadar gula darah yang normal dalam tubuh manusia adalah kurang dari 200 mg/dl. Seseorang dikatakan mengidap penyakit hiperglikemia atau gula darah tinggi ketika kadar glukosa dalam darah mencapai lebih dari 300 mg/dl.

Pengidap hiperglikemia bisa mengalami beberapa gejala, khususnya di pagi hari saat baru bangun tidur. Gejala-gejala ini sering muncul pula pada pengidap diabetes tipe 2.

Apa saja gejala gula darah tinggi yang muncul saat bangun tidur dan apa penyebabnya? Simak di artikel berikut.

Gejala Gula Darah Tinggi saat Bangun Tidur

Mengutip Cleveland Clinic, berikut gejala yang bisa dialami pengidap gula darah tinggi saat bangun tidur.

1. Mulut Kering
Mulut kering atau xerostomia adalah salah satu gejala gula darah tinggi. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar air liur tidak bisa memproduksi cairan yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah.

2. Rasa Haus Berlebihan
Dalam dunia medis, rasa haus yang tidak hilang bahkan setelah minum banyak air disebut sebagai polydipsia.

Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, kelebihan glukosa akan dibuang bersama urine. Glukosa mampu mengikat lebih banyak air ke urine, sehingga pengidap hiperglikemia akan merasa haus terus-menerus karena tubuh kekurangan cairan.

3. Lapar Berat
Tak hanya haus, gula darah tinggi juga menyebabkan rasa lapar yang ekstrem pada pengidapnya. Istilah medisnya adalah polyphagia.

Glukosa mengandung kalori, salah satu asupan yang memunculkan rasa kenyang. Ketika glukosa terbuang bersama urine, tubuh tidak mendapatkan cukup kalori untuk menghilangkan rasa lapar.

4. Kelelahan
Namun, hormon insulin tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya pada pengidap gula darah tinggi. Akibatnya, energi yang terdapat dalam glukosa tidak tersalurkan ke sel-sel tubuh dan malah bertahan dalam darah, sehingga dapat terbuang. Hal ini menyebabkan tubuh merasa lelah dan mengantuk, bahkan setelah tidur semalaman.

5. Penglihatan Kabur
Gula darah tinggi juga dapat mempengaruhi kadar cairan di mata sehingga penglihatan menjadi kabur. Saat melihat benda yang jauh maupun dekat, lensa mata berubah-ubah bentuk untuk mengatur bayangan jatuh tepat ke retina mata. Kadar gula yang terlalu tinggi membuat lensa mata kesulitan berubah bentuk, sehingga bayangan tidak jatuh tepat ke retina dan penglihatan menjadi kabur.

Selain itu, gula darah tinggi juga bisa memicu pembengkakan pada jaringan mata, sehingga penglihatan menjadi sulit fokus.

Apa Penyebab Gula Darah Tinggi saat Bangun Tidur?

Mengutip Medical News Today, ada beberapa penyebab gula darah tinggi saat bangun tidur.

1. Dawn Phenomenon
Dawn phenomenon adalah kondisi ketika gula darah meningkat di pagi hari. Ini disebabkan oleh hormon-hormon dalam tubuh, seperti kortisol, glukagon, epinefrin, dan somatotropin atau growth hormone. Umumnya aktivitas kortisol dan somatotropin meningkat di pagi hari untuk menstimulasi ginjal menghasilkan glukosa.

2. Kadar Insulin yang Rendah
Seperti yang dijelaskan di atas, gula darah meningkat di pagi hari secara alami karena aktivitas hormon. Pada umumnya, tubuh akan memproduksi insulin untuk mengimbangi kadar gula darah yang tinggi ini.

Tetapi, bagi pengidap diabetes tipe 2, tubuh tidak bereaksi dengan insulin sebagaimana seharusnya. Itulah sebabnya pengidap diabetes perlu melakukan suntik insulin secara rutin.

Kadar insulin pun akan berkurang setelah semalaman. Jika insulin yang diinjeksikan ke dalam tubuh terlalu sedikit, atau insulin disuntikkan terlalu awal, ketika bangun pagi insulin tidak mampu mengimbangi kadar gula darah yang tinggi.

3. Efek Somogyi
Penyebab lain gula darah tinggi di pagi hari adalah efek Somogyi. Ini terjadi ketika tubuh memproduksi gula darah berlebihan sebagai reaksi atas hipoglikemia pada malam hari. Hipoglikemia adalah kebalikan dari hiperglikemia, yang berarti kondisi kadar gula darah rendah.

Kondisi ini bisa terjadi jika tubuh mendapatkan injeksi insulin yang terlalu banyak pada malam sebelumnya atau tidak mengonsumsi makanan yang cukup. Tubuh pun memproduksi gula darah lebih banyak untuk mengimbangi hal tersebut.

Itu dia gejala gula darah tinggi yang dialami saat bangun tidur serta penyebabnya. Jika pengidap gula darah tinggi mengalami gejala yang sangat ekstrem, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan penanganannya.









 
















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Gejala Gula Darah Tinggi saat Bangun Tidur dan Penyebabnya"