Hagia Sophia

20 April 2024

Tips untuk Hadapi Post Holiday Blues yang Bikin Males Kerja

Ilustrasi post holiday blues. (Foto: Getty Images/simon2579)

Setelah liburan berakhir, kembali ke rutinitas kerja bisa terasa sulit bagi sebagian orang. Rasa malas dan kurang bersemangat untuk kembali bekerja, yang sering disebut sebagai "Post Holiday Blues" ini secara tidak sadar dapat membuat hari-hari di kantor terasa berat.

Menurut psikolog dari Universitas Indonesia, Dian Wisnuwardhani, gejala post holiday blues biasanya muncul karena ada ketidakpuasan, seperti perasaan ingin berlibur lagi serta ketidaknyamanan saat kembali ke tempat kerja yang bisa memperburuk performa kerja jika tidak ditangani.

Journaling dapat menjadi salah satu alternatif untuk menuangkan isi pikiran yang mengganjal. Selain itu, journaling dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah konsentrasi, sehingga tidak memikirkan hal yang membuat malas bekerja.

Selain journaling, pikiran seperti malas ke kantor atau kembali ke rutinitas sehari-hari setelah libur dapat diubah atau diatasi dengan mengubah pikiran dari negatif ke positif.

"Nah kita coba mikir bahwa oke jadikan liburan itu menjadi sebuah reward, sebuah hadiah, yang bisa kita dapatkan kalau kita melakukan kewajiban kita. Jadikan liburan itu bukan menjadi kewajiban, melainkan menjadi hak kita," ungkap Dian.

"Loh kan gue kerja buat liburan, emang itu my goal, oke itu your goal, tapi remember bahwa liburan ini lu juga butuh uang dan itu ngga sedikit. Belum terus ada saudara lain ikut, terus keluar pulau, pulang kampung," imbuhnya.

Persiapan juga menjadi salah satu hal penting sebelum kembali masuk kerja setelah liburan usai. Dengan melakukan persiapan, seseorang akan lebih siap untuk menghadapi pekerjaan ataupun rutinitas sehari-hari.

"Makanya alangkah baiknya, dua hari sebelum libur usai mulai ditata itu rumah, mulai tidurnya mulai teratur, karena bentar lagi gue udah masuk kerja nih. Jadi jangan dipolling ya sudah pokoknya gue kemarennya masih jalan jalan pulang malem, terus besoknya susah bangun akhirnya malah saya sakit," terang Dian.









 
















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Post Holiday Blues Bikin Malas Ngantor? Simak Tips Menghadapinya dari Psikolog"