Hagia Sophia

05 April 2024

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik dengan Motor

Potret pemudik menggunakan motor. (Foto: Anang Firmansyah/detikJateng)

Setelah sebulan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, tak sedikit umat Muslim di Indonesia yang menjalankan tradisi mudik pulang ke kampung untuk bertemu keluarga di momen Hari Raya Idul Fitri. Salah satu sarana transportasi yang kerap digunakan oleh pemudik, meski sebenarnya tidak dianjurkan karena berbahaya, adalah sepeda motor.

Dokter spesialis orthopedi dr Oryza Satria, SpOT(K) mengungkapkan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mudik menggunakan motor. Hal ini menjadi penting, karena mudik menggunakan motor memang berisiko tinggi. Oleh karena itu, persiapan sebelum mudik menggunakan motor harus dilakukan dengan baik.

Apabila seseorang ingin mudik menggunakan motor, dr Oryza meminta masyarakat untuk memastikan keadaan fisik dalam kondisi yang sehat. Akan lebih baik lagi, jika selama perjalanan membawa obat-obat yang diperlukan untuk pribadi.

"Pastikan dalam keadaan fisik yang baik dan sehat. Membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan. Hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol," ucap dr Oryza ketika dihubungi detikcom, Rabu (3/4/2024).

"Khusus bagi mereka yang masih dalam masa pemulihan pasca tindakan atau operasi, tidak dianjurkan untuk berkendara dengan sepeda motor," sambungnya.

Selain mempersiapkan kondisi kesehatan, kondisi motor yang akan digunakan untuk mudik juga harus diperhatikan. Menurut dr Oryza hal ini juga penting untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan selama perjalanan.

Salah satunya memastikan tekanan ban dan suspensi peredam getaran di motor yang harus berfungsi dengan baik. Getaran yang berlebihan menurut dr Oryza dapat menyebabkan gangguan pada sistem muskuloskeletal.

"Getaran berlebihan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan pada sistem muskuloskeletal termasuk saraf yang menimbulkan gejala pegal-pegal sampai nyeri pada tangan, bahu, pinggang, bahkan disertai kesemutan terutama pada tangan," ungkap dr Oryza.

"Pastikan rem, lampu, sistem kelistrikan dan rantai motor berfungsi dengan baik," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Penting! Ini Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik Pakai Motor"