Hagia Sophia

05 April 2024

Dampak Kesehatan yang Muncul Bila Mudik Pakai Motor

Potret warga mudik menggunakan motor. (Foto: Grandyos Zafna)

Tak sedikit masyarakat yang terpaksa menggunakan transportasi motor untuk pergi mudik pulang ke kampung halaman. Meski begitu, terdapat sejumlah efek kesehatan yang mungkin akan dialami sepanjang perjalanan saat mudik naik motor.

Dokter spesialis orthopedi dr Oryza Satria, SpOT(K) menuturkan mudik menggunakan motor memang termasuk berisiko tinggi. Jika tidak dilakukan dengan persiapan yang baik, hal tersebut dapat menimbulkan masalah-masalah kesehatan ortopedi atau muskuloskeletal.

"Pertama bisa mengakibatkan nyeri pinggang, duduk berjam-jam bisa menyebabkan rasa sakit di bagian tulang belakang mulai dari leher, punggung, dan pinggang. Hal ini biasanya disebabkan oleh masalah kekuatan otot dan muscle fatigue," ucap dr Oryza pada detikcom, Rabu (3/4/2024).

Selain menyebabkan rasa sakit di bagian pinggang dan punggung, mudik menggunakan motor juga dapat mengakibatkan kelelahan. Kondisi ini yang akhirnya tak jarang mengakibatkan kecelakaan selama perjalanan.

Sebelum mudik menggunakan motor, pastikan kondisi fisik dalam kondisi yang baik untuk menjaga kelancaran perjalanan. Selama perjalanan disarankan juga untuk beristirahat 3-4 jam sekali apabila sudah mulai merasa lelah untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

"Pastikan dalam keadaan fisik yang baik dan sehat. Membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan. hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol," kata dr Oryza.

"Tak hanya itu, para pemudik agar selalu menjaga hidrasi tubuh. Kebutuhan cairan harus terpenuhi agar tidak dehidrasi selama di perjalanan," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wanti-wanti Dokter soal Efek Kesehatan yang Muncul saat Mudik Pakai Motor"