Hagia Sophia

05 April 2024

Momen Saat Gol Foden Mirip Gol Ronney 19 Tahun Lalu

Phil Foden mencetak hat-trick ke gawang Aston Villa. Foto: Getty Images/Robbie Jay Barratt - AMA

Ada momen menarik dari momen hat-trick Phil Foden saat Manchester City menghajar Aston Villa 4-1 di Liga Inggris. Gol ketiga yang ia ciptakan mirip dengan gol Wayne Rooney pada 19 tahun silam.

Dalam laga di Etihad Stadium, Kamis (4/4) dinihari WIB itu, Foden mencetak satu gol di pengujung babak pertama dan dua gol di menit ke-62 dan 69. Nah, gol terakhir itulah yang prosesnya mencuri perhatian.

Foden sempat terjatuh usai bertabrakan dengan Clement Lenglet dan meminta pelanggaran, namun tak digubris wasit. Meski demikian, ia segera bangkit, mencuri bola dari penguasaan lawan, lalu melepaskan tembakan yang bersarang di sudut kanan atas gawang Robin Olsen.


Itu menjadi gol ke-21 Foden di musim ini. Namun yang paling menarik adalah gol tersebut mengingatkan rekan setim Foden, Jack Grealish akan gol Rooney ke gawang Newcastle United pada 24 April 2005.

"Sewaktu saya berlari merayakan (gol ketiga), saya bersama Jack (Grealish) dan dia bilang 'gol Wayne Rooney'. Gol saya mengingatkannya akan gol itu," ujar Foden, dikutip Sky Sports.

Sekilas, gol Rooney ke gawang Newcastle memang mirip dengan Foden. Bukan karena ada 'pelanggaran' lebih dulu, melainkan tipe tendangan voli yang dilepaskan ke sudut atas gawang. Bedanya, Rooney dulu menembak ke sudut kiri.


Foden memang menjadi andalan Pep Guardiola di musim ini. Ia sudah turun 44 kali di seluruh ajang. Khusus di Liga Inggris, ia sudah turun 30 kali, yang artinya ia belum pernah absen.

























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Saat Foden 'Kerasukan' Rooney lalu Cetak Gol Spektakuler"