Hagia Sophia

22 April 2024

Muncul Strain Cacar Monyet Baru yang Lebih Mematikan di Kongo

Kongo mengidentifikasi strain Mpox baru yang disebut lebih mematikan. (Foto: Getty Images/JUN LI)

Para ilmuwan baru-baru ini menemukan strain cacar monyet atau mpox terbaru yang disebut lebih mematikan dan memiliki potensi memicu pandemi. Tak sedikit ilmuwan yang khawatir terhadap penemuan tersebut hingga menyerukan 'tindakan cepat' dari komunitas internasional untuk mencegah terjadinya wabah baru dari penyakit tersebut.

Penemuan strain baru ini bermula setelah sebuah penelitian melacak wabah baru di sebuah kota pertambangan di Republik Demokratik Kongo. Pihak berwenang di negara tersebut baru-baru ini berjuang melawan strain Mpox yang disebut clade 1 selama sekitar satu tahun.

Varian ini diperkirakan membunuh 10 persen dari seluruh orang yang terinfeksi, dan para peneliti kini telah menemukan versi mutasi yang tampaknya lebih mematikan dan lebih mudah menyebar. Strain Ini diberi nama "clade 1b", dan ditemukan di Kamituga, sebuah kota berpenduduk 13.995 orang.

Temuan mengenai hal ini juga sempat dibahas pada pertemuan para menteri kesehatan setempat yang diadakan oleh Pusat Pengendalian Penyakit Afrika minggu lalu, menurut The Telegraph.

"Tanpa intervensi, wabah Kamituga yang terlokalisasi ini berpotensi menyebar secara nasional dan internasional. Mengingat sejarah wabah mpox baru-baru ini di Kongo, kami menganjurkan tindakan cepat oleh negara-negara endemik dan komunitas internasional untuk mencegahnya. wabah mpox global lainnya," kata para ilmuwan dalam penelitian yang masih dalam tinjauan, dikutip dari Mirror.

Strain mutan baru ini diperkirakan pertama kali muncul pada hewan, sebelum kemudian menyebar ke manusia antara Juli dan September tahun lalu. Di kota pertambangan, sekitar 30 persen dari seluruh kasus ditemukan terjadi pada pekerja seks.

Versi mpox yang lebih ringan sempat menjadi epidemi global pada tahun 2022 setelah menyebar ke beberapa negara, menyebabkan kematian 58 orang di AS. Dalam kebanyakan kasus, penyakit ini menyebabkan penyakit ringan, dengan demam yang biasanya diikuti dengan munculnya ruam, biasanya di wajah.

Kebanyakan orang pulih dalam waktu empat minggu, meskipun virus ini dapat menyebabkan penyakit serius dalam kasus yang jarang terjadi.







 


















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Duh! Ada Strain Cacar Monyet 'Mpox' Baru di Kongo, Disebut Lebih Mematikan"