Hagia Sophia

24 December 2022

Penyanyi Wanita Ini Mengaku Tertular COVID-19 Sebelum Konsernya, Ini Alasannya

Jane Zhang dikecam usai mengaku sengaja tertular COVID-19. (Foto: AP/Jordan Strauss/Invision)

Seorang penyanyi di China baru-baru ini membuat pengakuan mengejutkan usai dirinya dinyatakan positif COVID-19. Wanita bernama Jane Zhang itu mengaku dirinya sengaja menginfeksi dirinya sendiri.

Melalui media sosial Weibo, Zhang mengungkapkan dirinya mengunjungi 'rumah domba' agar terinfeksi usai melihat teman-temannya yang dinyatakan positif COVID-19. Itu merupakan istilah untuk sebuah tempat pembawa virus di China daratan.

Zhang mengatakan dirinya melakukan ini menjelang persiapan konser Malam Tahun Baru yang akan datang. Ia ingin tertular virus sebelum konser agar tidak ada gangguan dalam jadwalnya.

"Saya khawatir kondisi saya saat penampilan malam tahun baru akan terpengaruh, jadi saya bertemu dengan sekelompok orang yang dinyatakan positif karena saya saat ini punya waktu untuk pulih dari virus," tulisnya yang dikutip dari laman Wionews, Jumat (23/12/2022).

Usai melakukan aksi anehnya, wanita berusia 38 tahun itu mengalami gejala mirip COVID-19, seperti demam, sakit tenggorokan, dan nyeri tubuh. Namun, gejala itu hanya bertahan satu hari.

"Setelah tidur sehari semalam, semua gejala saya hilang. Saya hanya minum air putih yang banyak dan minum vitamin C, tanpa minum obat apa pun sebelum saya sembuh," tambahnya.

Aksi anehnya itu tentu mendapat banyak kecaman dari netizen China. Banyak yang mengkritiknya karena perilakunya yang tidak bertanggung jawab, terlebih kondisi China saat ini tengah menghadapi lonjakan COVID-19.

Usai mendapatkan reaksi keras dari masyarakat China, Zhang menghabis postingan kontroversialnya itu dan meminta maaf kepada publik.

"Saya tidak mempertimbangkan banyak hal dengan hati-hati sebelum membuat postingan saya sebelumnya. Saya meminta maaf kepada publik," tulisnya di Weibo.

"Saya khawatir jika saya terinfeksi saat konser diadakan, itu akan meningkatkan risiko rekan saya terinfeksi lagi. Jadi saya berpikir karena itu adalah hal yang tidak dapat dihindari, mengapa tidak sakit sekarang ketika saya tidak membutuhkannya dan bisa meninggalkan rumah untuk pergi bekerja setelah saya sembuh? Akan lebih aman bagi kita semua," jelas Zhang.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Penyanyi China Dikecam Usai Ngaku Sengaja Tertular COVID, Alasannya Bikin Emosi"