Hagia Sophia

01 March 2023

Biar Tidak Mudah Kambuh, Sayuran Ini Aman untuk Pengidap Asam Urat

Ternyata ini beberapa sayuran yang aman untuk pengidap asam urat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined)

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang sering disebut-sebut. Jempol kaki terasa terbakar, sendi terasa panas, bengkak, dan sangat lunak merupakan beberapa gejala dari asam urat. Untuk mengurangi penyakit ini, penting untuk menjaga pola makan, salah satunya dengan memakan sayuran yang aman untuk asam urat.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan yang paling sering di jempol kaki.

Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Mereka yang berusia di atas 30 tahun dan berjenis kelamin laki-laki akan lebih rentan terserang asam urat.

Asam urat sebenarnya adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting seperti mengatur pertumbuhan sel dan menyediakan energi. Selanjutnya, ketika sudah digunakan oleh tubuh, asam urat akan dibuang melalui urin.

Akan tetapi, kadang kala tubuh terlalu banyak menghasilkan asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikir asam urat. Ketika hal ini terjadi, asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal tajam di sendi sehingga menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Untuk mencegah penyakit asam urat, diperlukan perubahan gaya hidup sehingga dapat menurunkan risiko penyakit asam urat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah yang memiliki antioksidan tinggi.

Jika mengidap asam urat, makanan tertentu dapat memicu serangan dengan meningkatkan kadar asam urat. Makanan pemicu umumnya tinggi purin. Saat mencerna purin, tubuh membuat asam urat secara berlebih.

Sayuran yang Aman Untuk Asam Urat

1. Brokoli
Kandungan serat cocok untuk mengurangi asam urat. Brokoli merupakan salah satu sayur yang mengandung hal tersebut. Kandungan serat dalam brokoli dapat bermanfaat dalam penyerapan asam urat dan menghilangkannya dari tubuh.

2. Seledri
Sama halnya dengan brokoli, selada juga kaya akan serat. Selain itu, seledri mengandung luteolin yang dapat mengurangi kadar asam urat. Selada juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat mengurangi frekuensi dan tingkat kesakitan serangan asam urat.

3. Wortel
Wortel kaya akan antioksidan yang baik untuk mengontrol produksi enzim. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengeluarkan kandungan asam urat dari tubuh.

4. Timun
Timun memiliki kadar purin yang rendah. Sayuran ini hanya mengandung 7,3 miligram purin dalam setiap 100 gramnya. Hal ini menjadikan timun cocok untuk diet rendah purin yang sekaligus juga dapat mencegah asam urat.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Sayuran Aman untuk Pengidap Asam Urat Biar Tak Gampang Kambuh"