Hagia Sophia

01 March 2023

Siswa di NTT Masuk Sekolah Jam 5 Pagi, Ini Dampaknya Bila Waktu Tidur Berkurang

Ilustrasi siswa SMA. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat sebelumnya meminta agar jam masuk sekolah peserta didik setingkat SMA di NTT dimajukan menjadi pukul 05.00 WITA. Viktor mengatakan budaya masuk sekolah lebih pagi bertujuan untuk mengasah kedisiplinan dan etos kerja para peserta didik.

Viktor mengatakan salah satu pertimbangannya, rata-rata anak SMA paling malam tidur pukul 22.00 WITA, sehingga menurutnya enam jam waktu tidur sudah cukup bagi para siswa.

Terkait hal ini pakar merekomendasikan agar remaja berusia 13 hingga 18 tahun harus tidur secara teratur 8 hingga 10 jam per hari untuk kesehatan yang baik. Anak-anak dan remaja yang kurang tidur memiliki risiko obesitas, diabetes, kesehatan mental yang buruk, dan masalah perhatian dan perilaku yang lebih tinggi.

Dikutip dari laman CDC, kurang tidur pada remaja bisa menyebabkan:
  • Kelebihan berat badan.
  • Kekurangan melakukan aktivitas fisik sehari-hari.
  • Menderita gejala depresi.
  • Terlibat dalam perilaku berisiko yang tidak sehat seperti minum alkohol, merokok tembakau, dan menggunakan obat-obatan terlarang.
  • Berprestasi buruk di sekolah.
Selama pubertas, remaja menjadi mengantuk di malam hari dan perlu tidur di pagi hari sebagai akibat dari pergeseran ritme biologis. Perubahan biologis ini sering dikombinasikan dengan kebiasaan tidur yang buruk (termasuk waktu tidur yang tidak teratur dan keberadaan barang elektronik di kamar tidur).

Selama minggu sekolah, waktu masuk sekolah adalah alasan utama siswa bangun ketika mereka bangun. Kombinasi waktu tidur larut malam dan waktu masuk sekolah awal mengakibatkan sebagian besar remaja tidak cukup tidur.

Kurang tidur adalah hal yang umum di kalangan siswa sekolah dan dikaitkan dengan beberapa risiko kesehatan termasuk kelebihan berat badan. Salah satu penyebab remaja tidak cukup tidur adalah jam masuk sekolah lebih awal.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar sekolah menengah pertama dan atas dimulai pada pukul 8:30 pagi atau lebih untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan jumlah tidur yang mereka butuhkan.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Siswa di NTT Masuk Pukul 5 Pagi, Begini Efeknya Jika Jam Tidur Remaja Kurang"