Hagia Sophia

24 March 2023

Hal yang Bisa Dilakukan Usai Buka Puasa Agar Tidak Ngantuk

Terkantuk-kantuk selepas buka puasa bisa jadi karena kekenyangan (Foto: iStock)

Buka puasa adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setelah seharian menahan haus dan lapar. Bagi yang menjalankan ibadah puasa pun bisa merasakan kembali kesegaran air dan nikmatnya santapan makanan. Akan tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan kantuk setelah berbuka. Apa saja?

Spesialis gizi dr Christopher Adrian, M Gizi, SpGK dari RS Siloam TB Simatupang, menjelaskan orang biasanya berbuka puasa dengan makanan manis. Menurutnya, makanan tersebut boleh saja dikonsumsi selagi tidak berlebihan. Sebab, mengonsumsi makanan manis yang berlebih dapat menimbulkan kantuk dan memicu rasa lapar semakin hebat. Akibatnya, asupan kalori pun bertambah banyak.

"Jangan berlebihan efeknya ngantuk karena semua aliran darah langsung ke situ. Terus risikonya laper lagi karena ketika kita minum manis, insulin akan menanjak naik buat mengimbangi gula yang masuk ke tubuh. Melonjak naik, gula darah kita akan cepat turun. Memberikan respon lapar jadi akan makan lebih banyak lagi," papar dr Christopher ketika ditemui detikcom di RS Siloam TB Simatupang, Jumat (17/3/2023).

"Boleh nggak pakai buah saja tapi manis? Boleh. Kayak kurma 3 butir sudah manis. Jus buah, semangka, melon, dan liquid boleh banget sebagai takjil saat buka puasa. Sekalian juga kita lagi haus-hausnya. Kondisi dehidrasi kita kurang cairan butuh yang segar," lanjutnya.

dr Christopher juga menyarankan agar memberi jeda 1 jam setelah buka puasa sebelum makan berat. Orang yang langsung makan berat membuat beban perut semakin hebat karena nafsu makan sedang tinggi. Akibatnya, dapat memicu kembung, maag, dan refluks gastroesofagus (GERD).

Tujuan berbuka adalah mengembalikan nutrisi yang hilang saat puasa. Oleh sebab itu, dr Christopher mengingatkan untuk makan dengan porsi komplit dan seimbang setelah mengonsumsi makanan manis.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tips Cegah Kantuk Setelah Berbuka Puasa, Lakukan Hal ini Biar Mata Tetap Segar"