Hagia Sophia

24 March 2023

Tips Ampuh untuk Memperlancar Haid

Ilustrasi cara memperlancar haid. Foto: iStock

Haid adalah siklus bulanan yang terjadi pada wanita remaja-dewasa. Saat haid, tubuh akan mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi. Selain itu, lapisan dinding rahim yang memberi makan embrio juga ikut dikeluarkan.

Layaknya siklus bulanan, haid terjadi satu kali tiap bulan di tanggal yang sama atau berbeda. Sayangnya pada wanita, ada berbagai hal yang menyebabkan haid tidak teratur. Haid bisa terjadi lebih dari satu kali atau tidak terjadi per bulan.

Tak heran jika wanita penasaran cara ampuh memperlancar haid. Dikutip dari healthline, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membuat haid lebih teratur

Cara Memperlancar Haid

1. Melakukan Yoga
Yoga dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah menstruasi. Hal tersebut telah dibuktikan melalui sebuah studi pada 2017 terhadap 64 tentang efek berlatih yoga selama 12 minggu.

Hasilnya ditemukan peningkatan fungsi fisik seperti lebih sedikit nyeri payudara, tubuh, kram, dan bengkak. Ada pula hasil penelitian pada 2013 dengan 126 responden yang menyatakan, yoga selama 35-40 menit sebanyak 5 hari seminggu dalam 6 bulan dapat
menurunkan kadar hormon yang memicu menstruasi tidak teratur.

Yoga juga terbukti ampuh mengurangi nyeri haid dan gejala emosional terkait menstruasi misal depresi, kecemasan serta dapat meningkatkan kualitas hidup. Pada wanita dengan dismenore primer atau kondisi yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa sebelum dan selama periode menstruasi.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Tahukah kamu jika perubahan berat badan dapat memengaruhi menstruasi? Jika kamu memiliki tubuh yang lebih besar, maka menurunkan berat badan dapat membantu melancarkan menstruasi. Meski begitu, penurunan berat badan yang ekstrim atau kekurangan berat badan akan menyebabkan menstruasi tidak teratur juga, sehingga penting untuk mempertahankan berat badan yang moderat agar menstruasi tetap lancar.

Orang yang obesitas juga lebih cenderung mengalami menstruasi yang tidak teratur dan mengalami pendarahan dan nyeri yang lebih berat dibanding orang dengan berat badan moderat karena dipengaruhi oleh dampak sel-sel lemak terhadap hormon dan insulin. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengidentifikasi target berat badan dan menghasilkan strategi yang tepat.

3. Berolahraga Secara Teratur
Sobat detikers mungkin sudah tahu jika olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi tahukah kamu jika olahraga juga menjadi cara memperlancar haid?

Berolahraga dengan teratur dapat membantumu mencapai dan mempertahankan berat badan moderat yang umumnya direkomendasikan sebagai bagian dari rencana perawatan untuk sindrom ovarium polikistik (PCOS).

PCOS sendiri dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi. Uji klinis pada tahun 2021 menunjukkan, olahraga dapat secara efektif mengobati dismenore primer dengan mengurangi intensitas dan durasi nyeri pada siklus menstruasi.

4. Mengonsumsi Jahe
Jahe memang telah digunakan sebagai obat rumahan untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur meskipun belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan khasiatnya. Akann tetapi, faktanya jahe memiliki manfaat lain terkait menstruasi yakni berkhasiat meredakan nyeri.

Sebuah studi klinis pada 2014 dengan 92 responden wanita yang mengalami perdarahan menstruasi berat menunjukkan, suplemen jahe yang dikonsumsi setiap hari membantu mengurangi jumlah darah yang keluar. Konsumsi 750-2.000 mg bubuk jahe selama 3-4 hari pertama haid terbukti ampuh meredakan nyeri haid.

Ada pula riset tahun 2014 yang menyatakan, konsumsi jahe selama 7 hari sebelum menstruasi dapat meredakan gejala dan perilaku sindrom pramenstruasi (PMS). Fakta lain terbukti pada studi tahun 2018, yang membuktikan efek pereda nyeri usai dikonsumsi sebanyak 200 mg.

5. Mengonsumsi Kayu Manis
Tidak hanya jahe, kayu manis juga mampu mengatasi masalah terkait menstruasi. Riset tahun 2014 menyatakan, kayu manis dapat membantu mengatur siklus menstruasi serta alternatif pengobatan bagi wanita dengan PCOS.

Manfaat kayu manis untuk pengobatan PCOS belum disebar luas, karena responden riset yang terbatas. Khasiat kayu manis juga terbukti secara signifikan dapat mengurangi nyeri haid dan pendarahan, meredakan mual, dan muntah yang berhubungan dengan dismenore primer.

6. Memenuhi Asupan Vitamin Harian
Menurut riset 2015, kadar vitamin D yang rendah berpengaruh pada menstruasi yang tidak teratur. Asupan vitamin D mampu mengatasi ketidakteraturan menstruasi, termasuk pada pasien PCOS, dalam studi tahun 2015.
Vitamin D dapat diperoleh dari paparan sinar matahari, susu, dan sereal. Artinya,asupan kaya vitamin D dapat menjadi salah satu cara memperlancar haid.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 juga menghasilkan fakta, peserta yang mengonsumsi makanan sumber vitamin B memiliki risiko PMS yang jauh lebih rendah. Penelitian lain juga menunjukkan, vitamin B-6 dapat meredakan depresi pra menstruasi.

7. Minum Cuka Sari Apel Setiap Hari
Riset pada 2013 menunjukkan, minum 0,53 oz (15 ml) cuka sari apel setiap hari dapat memulihkan menstruasi pada wanita dengan PCOS. Namun karena penelitian ini hanya melibatkan tujuh peserta, maka diperlukan validasi yang lebih lanjut.

Sari apel yang memiliki rasa pahit memang sulit dikonsumsi oleh sebagian orang, namun kamu bisa mencoba melarutkan sari apel dengan air dan menambahkan satu sendok makan madu agar dapat menikmatinya.

8. Makan Buah Nanas
Nanas ternyata adalah obat rumahan yang populer sebagai cara memperlancar haid. Buah ini mengandung bromelain atau enzim yang diklaim dapat melembutkan lapisan rahim dan mengatur menstruasi.

Riset ini memang perlu bukti lebih lanjut, namun nanas bisa meredakan nyeri. Nanas memiliki efek anti inflamasi.

Siklus menstruasi rata-rata adalah 28 hari terhitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama berikutnya. Haid masih dianggap teratur jika berada di siklus 24-38 hari.

Namun haid dianggap tidak teratur jika siklusnya terus berubah, terlalu lambat, atau lebih awal. Periode menstruasi yang terlalu berat atau berkepanjangan maka disebut dengan menorrhagia.

Siklus haid yang tidak lancar dapat menyebabkan nyeri hebat saat menstruasi. Efek nyeri inilah yang tidak jarang membuat mood menjadi berantakan. Siklus menstruasi yang berantakan bisa diperbaiki dengan cara memperlancar haid yang telah dijelaskan.

Namun wanita jangan ragu segera ke dokter jika tak kunjung ada perbaikan. Apalagi jika siklus makin berantakan dan efek yang muncul berdampak buruk pada produktivitas. Sehat selalu ya Detikers.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Ampuh Memperlancar Haid, Dijamin Bikin Teratur dan Lancar"