Hagia Sophia

24 March 2023

Kualifikasi Piala Eropa 2024: Portugal Kalahkan Liechtenstein 4-0

Ronaldo mencetak dua gol dalam kemenangan Portugal atas Liechtenstein. Foto: Getty Images/Quality Sport Images

Portugal berhasil mengalahkan Liechtenstein 4-0 dalam laga Kualifikasi Piala Eropa 2024 Grup J. Cristiano Ronaldo mencetak dua gol di laga ini sekaligus mencatat rekor baru.

Bermain di Estadio Jose Alvalade, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB, Portugal membuka skor pada menit ke-8. Tembakan jarak jauh Joao Cancelo membentur Lars Traber, menyentuh Ronaldo, lalu gagal ditepis dengan sempurna oleh kiper Benjamin Buchel.

Gol tersebut tercatat atas nama Cancelo. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Pada babak kedua, Bernardo Silva menambah keunggulan Portugal pada menit ke-47. Gelandang Manchester City itu menuntaskan bola liar di kotak penalti lawan.

Ronaldo memperlebar jarak menjadi 3-0 lewat tembakan penalti pada menit ke-51. Ia mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-63 lewat tendangan bebas yang bersarang telak di sudut kanan atas gawang.

Tak ada gol tambahan di laga ini. Portugal menutup laga dengan kemenangan 4-0. Laga ini juga menjadi penampilan ke-197 untuk Ronaldo bersama timnas. Ia memecahkan rekor caps terbanyak yang sebelumnya dipegang pemain Kuwait, Bader Al-Mutawa (196).

Ronaldo sebelumnya juga sudah memegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah di level timnas, yakni 120 gol sejauh ini.

Hasil ini membuat Portugal sementara memimpin klasemen Grup J dengan 3 poin, unggul selisih gol dari Bosnia-Herzegovina yang mengalahkan Islandia 3-0. Liechtenstein menempati posisi juru kunci.

Susunan pemain

Portugal: Patricio, Cancelo, Pereira (Neves 67'), Ruben Dias, Inacio, Guerreiro, Fernandes (Joao Mario 89'), Palhinha, Bernardo Silva (Vitinha 78'), Ronaldo (Ramos 78'), Joao Felix (Rafael Leao 67').

Liechtenstein: Buchel, Meier (Fabio Wolfinger 60'), Hofer, Traber, Malin (Luchinger 38'), Sandro Wolfinger (Yildiz 80'), Hasler, Wieser, Frommelt, Sele (Beck 80'), Gassner (Lorenz 60').























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Portugal Sikat Liechtenstein 4-0, Ronaldo Cetak Rekor Lagi"