Hagia Sophia

24 March 2023

Masyarakat Diminta untuk Vaksin Booster Kedua Sebelum Mudik

Mudik lebaran 2023 wajib booster? Kata Kemenkes sih begini. (Foto: Dok. KAI)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengimbau masyarakat untuk selalu memproteksi diri dari virus SARS-CoV-2 atau COVID-19. Walaupun pada Februari 2023, riset sero survey menunjukkan 99 persen warga sudah memiliki antibodi COVID-19.

Hal itu dikarenakan antibodi COVID-19 mungkin hanya bertahan dalam enam bulan. Melewati masa tersebut, vaksinasi booster dibutuhkan untuk memperkuat imunitas tubuh kembali melawan COVID-19. Termasuk saat mengikuti buka puasa bersama dan mudik.

"Tahun ini boleh mudik, tapi kita pesanin harus booster," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi dalam acara bincang-bincang 'Women in Leadership in Public Health' di Jakarta, baru-baru ini.

Data vaksinasi COVID-19 dosis ketiga maupun keempat masih jauh di bawah sasaran target vaksinasi nasional. Misalnya data vaksinasi booster pertama di Kamis (23/3) kemarin baru mencapai 37,79 persen dari 234 juta orang. Sementara vaksinasi booster kedua bahkan belum menyentuh angka dua persen.

"Ini mengingat cakupan vaksinasi khususnya booster 1 dan 2 belum mencapai target. Itu surat imbauan dari sekretaris kabinet kepada para menteri, pimpinan TNI/Polri, dan pimpinan lembaga ditujukan untuk kita tetap waspada dan hati hati," jelas dia.

Masyarakat yang juga menjalani buka puasa bersama diharapkan sudah menerima vaksinasi booster di tengah waswas munculnya varian baru pemicu kenaikan kasus.

"Tapi kita mengharapkan masyarakat terus dapat melindungi dirinya untuk mendapatkan vaksinasi booster, sesuai dengan kebijakan yang ada," terang dr Nadia saat dihubungi detikcom Jumat (24/3/2023).

Meski begitu, hingga saat ini dr Nadia memastikan belum ada syarat apapun yang dibuat pemerintah untuk pemudik seperti tahun lalu termasuk vaksinasi booster. Hanya berupa imbauan, mengingat kondisi relatif jauh lebih terkendali ketimbang tahun lalu.

"Belum jadi syarat ya tapi vaksinasi booster," kata dia.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kemenkes RI Minta Masyarakat Vaksinasi Booster Kedua Sebelum Mudik"