Hagia Sophia

14 March 2023

Kades Ini Tewas Usai Disuntik Mantri dengan Sidiadryl Diphenhydramine, Obat Apakah Itu?

Heboh mantri suntik mati Kades di Serang. (Foto: Thinkstock)

Kepala Desa di Curug Goong, Salamunasir, Serang, tewas pasca disuntik mantri (SH) dengan cairan berisi sidiadryl diphenhydramine. Pelaku dan korban sebelumnya sempat adu mulut, motif di balik pembunuhan disebut kepolisian masih didalami.

Wakapolresta Serang Kota AKBP Hujra Soumena mengatakan zat disuntikkan kepada punggung korban bagian kiri, sebelum tewas. Namun, belum ada kepastian apakah pemicu meninggalnya benar berkaitan dengan cairan tersebut.

"Dalam proses pemeriksaan terhadap saksi korban, kami mendapatkan kronologis kejadian bahwa pelaku menggunakan jarum suntik yang di dalamnya sudah diisi dengan obat cairan, yaitu sidiadryl diphenhydramine," kata Hujra kepada wartawan di Polresta Serang Kota, Senin (13/3/2023).

Memangnya obat apa sih itu?

Menurut pakar farmasi dari Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati, sidiadryl diphenhydramine merupakan obat alergi yang juga umum dipakai untuk meredakan gejala demam, batuk, hingga flu biasa.

Tentu dalam penggunaan sesuai dengan dosis, obat ini tidak berbahaya apalagi memicu kematian. "Sebetulnya itu isinya diphenhydramine. Suatu obat anti alergi, sidiadryl itu nama mereknya," jelas dia saat dihubungi detikcom Selasa (14/3/2023).

"Itu sebenarnya bukan obat berbahaya jika digunakan sesuai dengan indikasinya, kalau overdosis ya bisa berbahaya. Jika tujuannya membunuh ya mungkin saja disuntikkan dengan tidak sesuai aturan dosisnya," sambungnya.

Dikutip dari Web MD, diphenhydramine juga dipakai untuk membantu mencegah dan mengobati mual, muntah, serta pusing yang dipicu mabuk perjalanan. Obat ini bekerja dengan menghalangi zat alami tertentu (histamin) yang dihasilkan tubuh selama ada reaksi alergi.

Efek pengeringannya pada gejala seperti mata berair dan pilek disebabkan oleh penghambatan zat alami lain yang dibuat oleh tubuh atau asetilkolin.

Obat sidiadryl injeksi mengandung zat aktif diphenhydramine hydrochloride. Penyuntikan diphenhydramine digunakan untuk mengobati reaksi alergi, terutama pada orang yang tidak dapat mengonsumsi obat ini melalui mulut. Zat aktif ini juga dapat digunakan untuk mengobati gejala penyakit parkinson.

Obat ini termasuk kategori obat keras yang harus diberikan berdasarkan anjuran dokter, proses kerja zat aktif diphenhydramine melalui empat tahap yakni:
  • Absorpsi: Diserap melalui saluran pencernaan.
  • Distribusi: Didistribusi secara luas melewati tubuh termasuk sistem saraf pusat, melintasi plasma, dan memasuki ASI.
  • Metabolisme: Dimetabolisme di hati.
  • Ekskresi: Dikeluarkan melalui urine.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terkait Kasus Mantri Suntik Mati Kades, Apa Itu Sidiadryl Diphenhydramine?"