Hagia Sophia

14 March 2023

Pemilik Pertama 7-Eleven di Jepang Meninggal Dunia di Usia 98 Tahun

istimewa

Salah satu orang kaya di Jepang sekaligus berjasa membantu mengubah toko swalayan 7-Eleven menjadi kerajaan bisnis global, Masatoshi Ito meninggal dunia pada usia 98 tahun. Adapun penyebab wafatnya miliarder ini akibat umur yang sudah tua.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepadanya atas kebaikannya selama hidupnya," kata perusahaan Seven & i Holdings dalam sebuah pernyataan, dikutip dari BBC.

Diketahui, saat ini ada lebih dari 83.000 toko 7-Eleven di seluruh dunia, dengan seperempatnya berlokasi di Jepang. Semula berawal dari tahun 1956, saat Ito mengambil alih bisnis toko pakaian kecil Tokyo yang dijalankan sang paman yang saat itu adalah saudara tirinya.

Dia kemudian menamainya Ito-Yokado dan mengubah bisnis tersebut menjadi jaringan toko serba ada yang menjual segala sesuatu mulai dari bahan makanan hingga pakaian. Perusahaan pun menjadi terkenal pada 1972.

Sekitar waktu yang sama, eksekutif di Ito-Yokado, Toshifumi Suzuki, melihat toko 7-Eleven saat berkunjung ke Amerika Serikat. Dari sini, dia membuat kesepakatan dengan pemilik 7-Eleven - Southland Corporation yang berbasis di AS. Ini lah mulanya 7-Eleven pertama di Jepang dibuka pada 1974.

Perusahaan Ito kemudian mengakuisisi saham pengendali di Southland Corporation pada Maret 1990.

"Saya sering ditanya apakah saya berhasil karena kerja keras atau karena saya hanya beruntung. Sebenarnya jawabannya ada di antara keduanya," kata dia.

"Saya beruntung memulai bisnis tepat setelah perang - pada saat yang sama ketika masyarakat berbasis konsumen mulai berkembang di Jepang," tambah Masatoshi Ito.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Konglomerat Jepang di Balik Suksesnya 7-Eleven Masatoshi Ito Meninggal Dunia"