Hagia Sophia

14 March 2023

Tips untuk Turunkan Berat Badan yang Sehat dan Alami

Foto: iStock

Berat badan berlebih merupakan salah satu masalah bagi sebagian orang. Sebab, kegemukan dapat menimbulkan sejumlah penyakit berbahaya, seperti diabetes, kanker, hingga jantung.

Pada umumnya, cara menurunkan berat badan yang cepat adalah dengan diet. Namun, banyak masyarakat yang nekat melakukan diet ekstrem. Memang, berat badan langsung turun dengan cepat, namun sangat berisiko karena dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Tapi jangan khawatir, sebab ada banyak cara menurunkan berat badan secara sehat, lho. Dilansir situs Kementerian Kesehatan, berikut delapan cara menurunkan berat badan secara sehat dan alami.

1. Jangan Lupa Sarapan
Terkadang, banyak masyarakat yang sengaja tidak sarapan agar berat badan tetap seimbang. Nyatanya, cara tersebut salah dan tidak baik untuk tubuh.

Soalnya, sarapan dapat memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain itu, sarapan juga dapat membantumu merasa kenyang lebih lama, sehingga tak mudah untuk ngemil.

2. Hindari Minuman Manis
Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan menghindari minuman manis. Alasannya minuman ini mengandung banyak gula dan kalori yang cukup tinggi, sehingga dapat menaikan berat badan.

Beberapa minuman manis yang perlu detikers hindari seperti soda, smoothies, es teh manis, minuman berenergi, dan sirup.

3. Minum Air Putih Sebelum Makan
Agar berat badan bisa turun lebih cepat, disarankan untuk minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan. Cara ini dilakukan untuk mencegah detikers terlalu banyak makan dalam porsi besar, karena air putih dapat membuatmu sedikit lebih kenyang.

4. Tidur yang Cukup
Diet tak hanya soal mengatur pola makan, namun juga perlu menjaga jam tidur. Sebab, kualitas tidur yang buruk punya efek samping terhadap berat badan.

Maka dari itu, atur jam tidur sebaik mungkin dan hindari begadang hingga larut malam. Selain bisa menambah berat badan, begadang juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

5. Rutin Olahraga
Jangan lupa untuk rutin berolahraga jika ingin berat badan turun secara cepat. Disarankan untuk melakukan olahraga kardio, karena selain dapat menurunkan berat badan juga membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru.

Sejumlah olahraga kardio yang bisa dilakukan dengan mudah seperti naik turun tangga, berenang, lompat tali, dan jogging.

6. Hindari Makanan Olahan
Kalau detikers senang mengkonsumsi makanan olahan, sebaiknya pikir-pikir lagi, ya. Soalnya, makanan olahan diproduksi dengan menggunakan sejumlah bahan-bahan kimia, sehingga dapat menambah berat badan dan tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi terus-menerus.

7. Makan Secara Perlahan
Jika sedang lapar, umumnya seseorang akan mengambil makanan dalam porsi besar dan mengkonsumsinya secara cepat. Perlu diketahui, makan secara cepat akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.

Maka dari itu, sebaiknya makan secara perlahan dan kunyah sampai halus di mulut. Hal ini agar tubuh bisa menyesuaikan rasa kenyang dengan jumlah makanan yang dikonsumsi.

8. Hindari Stres
Cara menurunkan berat badan yang terakhir adalah dengan menghindari stres. Ketika stres, seseorang akan cenderung lebih banyak makan karena tubuh memproduksi hormon kortisol yang mampu meningkatkan nafsu makan.

Saat stres, biasanya seseorang cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti cemilan, junk food, atau makanan kemasan instan. Daripada stres dan akhirnya menambah berat badan, sebaiknya terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga atau meditasi.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dan Alami"