Hagia Sophia

14 March 2023

Cara Keramas yang Benar Menurut Dokter

Begini cara keramas yang benar menurut dokter. Foto: iStock

Perawatan kesehatan rambut bisa dilakukan dengan cara rutin membersihkannya. Salah satu caranya adalah dengan keramas.

Walaupun kebiasaan keramas baik untuk kesehatan dan kebersihan rambut, nyatanya hal ini tidak boleh dilakukan setiap hari.

"Oke jadi untuk keramas itu memang tidak boleh terlalu sering," kata dr Mohammad Yoga Adi Waskito, Sp.D.V.E, dokter spesialis dermatologi-venereologi RS Premier Bintaro saat ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Senin (13/3/2023).

Lebih lanjut, dr Yoga juga memberikan tips bagaimana cara keramas yang benar agar rambut bisa tetap sehat dan tidak rusak. Menurutnya, jenis shampo yang digunakan juga sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut.

"Lalu menggunakan shampo yang lembut sudah pasti. Tujuannya keramas adalah untuk membersihkan kotoran minyak debu dan lain sebagainya dari kulit kepala kita," ucapnya.

Tak hanya itu saja, dr Yoga juga mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu keras ketika sedang keramas. Basahi rambut terlebih dahulu, lalu gunakan shampo yang sudah dibusakan sebelumnya di tangan.

"Kita saat shampo-an itu terlalu harsh terlalu keras itu yang harus dihindari. Gosoknya lembut, biasa aja, kulit kepalanya dipijit-pijit aja gitu ya," jelasnya.

Setelah selesai keramas, cara mengeringkan rambut pun tidak bisa sembarangan. Penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut bisa jadi masalah jika tak dilakukan dengan benar.

"Biasanya perempuan mungkin dengan hair dryer ya, nah itu perlu kita pahami juga kalau dengan hair dryer itu dengan suhu yang panas dapat membuat rambut jadi kering," ucap dokter spesialis dermatologi-venereologi RSPI Sulianti Saroso, dr Firman Parrol, Sp.D.V.E pada detikcom.

"Kalau rambutnya kering, jadi rapuh. Jadi kalau bisa, kalau pakai hairdryer kita set suhunya seminimal mungkin. Lalu setelah itu rambutnya juga tidak boleh digosok-gosokkan menggunakan handuk," sambungnya.

"Jadi kalau mau pakai handuk penggunaan yang benar itu rambutnya kita bungkus, lalu kita tekan-tekan," pungkas dr Firman.

Selain menggunakan shampo, dokter juga menyarankan penggunaan kondisioner rambut. Penggunaan kondisioner berguna untuk melindungi permukaan rambut.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Anggap Sepele, Dokter Beberkan Cara Keramas yang Benar"