Hagia Sophia

07 April 2023

Bolehkah Pengidap Kolesterol Tinggi Berpuasa? Ini Kata Dokter

Orang dengan Tinggi Kolesterol Boleh-boleh Saja Puasa, tapi Ini Catatan Dokter (Foto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars)

Beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter ketika hendak berpuasa, salah satunya orang dengan riwayat tinggi kolesterol. Tak jarang menjadi pertanyaan, amankah orang dengan tinggi kolesterol menjalani puasa?

Spesialis penyakit dalam dan founder Sobat Diabet dr Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, DipTH, DCD menjelaskan, orang yang memiliki penyakit kolesterol diperbolehkan untuk melakukan ibadah puasa selama Ramadan. Namun, ada baiknya pasien tersebut berkonsultasi dengan dokter lebih dulu.

"Orang dengan kolesterol boleh berpuasa. Tetapi kolesterol itu memang harus diturunkan. Jadi idealnya sebelum berpuasa orang itu ngecek dulu ke dokter, ada masalah gula apa enggak? Ada masalah kolesterol apa enggak?" kata dr Rudy ketika ditemui detikcom di acara Beat Diabetes di Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023).

dr Rudy menjelaskan bahwa nantinya dokter yang akan menentukan pasien bisa menjalankan puasa atau tidak.

"Kalau ada (masalah kolesterol), nanti dilihat ini perlu treatment obat atau cukup dengan modifikasi gaya hidup. Kalau ternyata perlu obat, yaudah diobati sambil tetap dijaga pola makan maupun keseharian dia gitu ya," jelasnya.

Lebih lanjut, dr Rudy menganjurkan masyarakat untuk menghindari makanan berminyak ketika berbuka puasa. Sebab jika makanan berminyak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, salah satu risikonya yakni tinggi kolesterol.

"Hindari gorengan dan tak hanya gorengan ya, makanan-makanan minyak-minyak katakanlah makanan kuah terlalu berminyak itu juga harus dihindari," ujar dr Rudy.

"Kita menghindari yang namanya deep fried. Jangan sampai seluruh makanan tercelup semua ke dalam minyak. Mungkin kalau ditumis atau disangrai relatif lebih sehat," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Orang dengan Tinggi Kolesterol Boleh-boleh Saja Puasa, tapi Ini Catatan Dokter"