Hagia Sophia

07 April 2023

Mengenal Serta Mengetahui Manfaat dan Efek Samping Dexamethasone

Foto: Getty Images/Matthew Horwood

Dexamethasone obat apa? Ini adalah golongan obat steroid yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit yang berkaitan dengan peradangan. dexamethasone bekerja dengan cara mencegah produksi senyawa penyebab peradangan serta mengurangi reaksi kekebalan tubuh.

Namun, meskipun memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, dexamethasone tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan. Sebab, jika obat ini tidak dikonsumsi sesuai dengan dosis dan aturan pakai, dexamethasone dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk tubuh.

Simak informasi lebih lanjut mengenai manfaat, efek samping dan aturan pakai dexamethasone berikut ini.

Apa Manfaat Obat Dexamethasone?

Obat dexamethasone memiliki manfaat untuk mengobati berbagai kondisi penyakit yang berhubungan dengan peradangan serta kondisi yang berkaitan dengan aktivitas sistem kekebalan tubuh. Dilansir situs Medical News Today, dexamethasone bermanfaat untuk mengobati penyakit di antaranya sebagai berikut.
  1. Peradangan
  2. Reaksi alergi
  3. Rheumatoid arthritis dan penyakit rematik lainnya
  4. Penyakit kulit seperti dermatitis atopik (eksim), psoriasis parah, dermatitis seboroik dan penyakit kulit lainnya
  5. Penyakit yang berhubungan dengan kelainan darah, seperti leukimia
  6. Mengurangi efek samping yang ditimbulkan dari obat kanker
  7. Gangguan pada usus seperti kolitis ulserativa
Aturan Pakai Obat Dexamethasone

Dilansir situs Webmd, pastikan untuk mengkonsumsi obat ini sesuai dengan resep dokter. Untuk mencegah sakit perut, sebaiknya konsumsi obat ini dengan makanan atau dengan segelas susu.

Gunakan obat ini dengan segelas penuh air atau sekitar 240 ml, kecuali jika dokter menyarankan untuk mengkonsumsinya dengan cara lain.

Jika dokter menyarankan untuk mengkonsumsi obat ini sehari sekali, minumlah di pagi hari sebelum jam 9 pagi. Sementara itu, jika obat ini dikonsumsi dua kali sehari atau pada jadwal lain selain jadwal harian, gunakan bantuan kalender sebagai pengingat.

Besar dosis dan durasi pengobatan umumnya didasarkan pada kondisi medis pasien serta respons pasien terhadap pengobatan. Pastikan untuk meminum obat ini sesuai jadwal dan dosis yang telah ditentukan oleh dokter.

Sebaiknya, hindari berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi sebelumnya dengan dokter. Sebab, untuk beberapa kondisi penyakit tertentu, penghentian obat ini secara tiba-tiba justru dapat membuat kondisi penyakit menjadi lebih buruk. Jika muncul efek samping, dokter biasanya akan mengurangi dosis secara bertahap.

Penting untuk terus minum obat ini pada jam yang sama untuk merasakan manfaat yang optimal. Jika kondisi memburuk, segera konsultasikan dengan dokter.

Dosis Obat Dexamethasone

Pemberian dosis obat dexamethasone umumnya berbeda, tergantung dengan jenis penyakit yang diderita oleh pasien. Selain itu, jumlah obat yang dapat dikonsumsi juga tergantung dengan jumlah dosis yang disarankan oleh dokter. Namun, secara umum jumlah dosis obat dexamethasone, yakni sebagai berikut.

Dewasa:
Dosis dexamethasone untuk dewasa umumnya bervariasi, Untuk kondisi peradangan, dokter akan memberikan dosis sebanyak 0,75 hingga 9 mg per hari. Dokter juga mungkin akan menyesuaikan dosis sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, untuk penderita penyakit multiple myeloma, dosis dewasa umumnya berkisar antara 20 hingga 40 mg dan dikonsumsi satu kali sehari.

Anak-Anak:
Dosis pada anak-anak ditentukan berdasarkan dengan berat badan. Dokter pada awalnya akan memberikan dosis obat sebanyak 0,02 hingga 0,3 mg per hari sesuai dengan berat badan anak. Obat ini diminum sebanyak 3 hingga 4 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan.

Efek Samping Obat Dexamethasone

Apa obat dexamethasone menyebabkan efek samping?

Seperti halnya dengan obat steroid lainnya, penggunaan dexamethasone secara berlebihan dan dalam jangka yang panjang tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan berbagai efek samping.

Dilansir situs Drugs.com, secara umum efek samping yang mungkin dapat terjadi dari penggunaan obat ini di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Retensi cairan (pembengkakan di tangan atau pergelangan kaki)
  2. Perubahan mood dan sulit tidur
  3. Reaksi alergi seperti ruam di kulit
  4. Peningkatan produksi keringat pertumbuhan rambut dan jerawat
  5. Sakit kepala
  6. Mual, muntah dan sakit perut
  7. Nafsu makan meningkat
  8. Perubahan periode menstruasi
  9. Perubahan bentuk pada beberapa bagian tubuh terutama pada lengan, kaki, wajah, leher, payudara dan pinggang
  10. Tekanan darah tinggi atau hipertensi
Segera konsultasikan dengan dokter apabila muncul efek samping berbahaya seperti gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah atau tenggorokan serta penglihatan berkurang.

Itulah manfaat, aturan pakai dan efek samping dari mengkonsumsi obat dexamethasone. Nah, setelah tahu dexamethasone obat apa, pastikan untuk mengkonsumsi obat ini secara teratur sesuai dengan dosis dan jumlah yang telah ditentukan oleh dokter, ya!

Apabila timbul reaksi berupa alergi hingga bengkak pada beberapa bagian tubuh, segera kunjungi unit gawat darurat terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dexamethasone Obat Apa? Ketahui Manfaat, Efek Samping dan Aturan Pakainya"