Hagia Sophia

07 April 2023

Selebriti Ini Idap Ulkus Kornea Akibat Terlalu Lama Pakai Kontak Lensa

Foto: Getty Images

Selebritis Tori Spelling mengungkapkan dirinya mengidap ulkus kornea gegara punya kebiasaan terlalu lama menggunakan kontak lensa, bahkan tidak mencopotnya saat tidur.

"Ini salahku. Saya melakukan ini pada diri saya sendiri," ungkap bintang Beverly Hills 90210 tersebut, dikutip dari Mirror News UK, Kamis (6/4/2023).

Ia lebih lanjut menyebut, kemungkinan telah menggunakan kontak lensa selama 20 hari tanpa menggantinya sama sekali.

"Saya punya lensa kontak tapi saya memakainya setiap hari. Jadi. pada akhirnya, apa pun, saya bisa membuat semua alasan yang saya inginkan," beber Tori.

"Saya tidak mengeluarkannya. Saya tidur di dalamnya, dan itu tidak sehat, dan Anda seharusnya mengeluarkannya," sambung selebritis atas Amerika Serikat tersebut.

Apa Itu Ulkus Kornea?

Dikutip dari National Health Service (NHS) Inggris, ulkus kornea adalah luka terbuka pada kornea, yakni lapisan bening tipis di atas iris pada mata.

Orang yang memakai lensa kontak memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena ulkus kornea. Risiko ini 10 kali lebih tinggi jika seseorang menggunakan kontak lensa dalam waktu lama misalnya semalaman. Pasalnya, kebiasaan tersebut berisiko memicu infeksi bakteri.

Sebagian besar kasus ulkus kornea bersifat sangat serius hingga membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin. Penanganan tersebut berguna mengurangi risiko kehilangan penglihatan secara permanen, serta menurunkan potensi kebutuhan akan transplantasi kornea.

"Terima kasih atas semua doa dan perhatiannya. Semua orang bertanya apakah saya menggaruk kornea saya. Ini sebenarnya ulkus di mata saya. (Saya menggunakan) tetes antibiotik dan dokter mengatakan kondisi ini akan 'semoga' sembuh dalam 7-10 hari," ungkap Tori lebih lanjut kepada para penggemarnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tori Spelling Curhat Kornea Rusak Kornea gegara 20 Hari Tak Ganti Lensa Kontak"