Hagia Sophia

07 April 2023

Puasa Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Atasi Jerawat

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/AndreyPopov)

Puasa adalah salah satu ibadah yang dijalankan umat Islam sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Selain sebagai ibadah, puasa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit.

Puasa juga dapat mengganti sel-sel kulit mati dan rusak untuk diganti dengan sel baru yang lebih sehat. Oleh karena itu, berpuasa juga disebut ampuh untuk mengatasi jerawat.

Berikut 7 manfaat puasa di bulan Ramadan untuk kesehatan kulit, dilansir detikSumut dari laman resmi Dinas Kesehatan Mojokerto:

1. Menggantikan sel tubuh
Detikers tak perlu khawatir apabila puasa akan buat kulit kusam dan kering. Diketahui, pada saat puasa, tubuh akanmengganti sel-sel tubuh lebih cepat dari biasanya. Bukan hanya sel kulit saja yang diperbarui namun juga sel tubuh lainnya. Jangan lupa untuk makan sahur dan buka dengan makanan yang bergizi tinggi supaya proses regenerasi sel kulit ini menjadi lebih cepat dan sehat.

2. Membersihkan kulit
Detikers yang ingin membuat racun di kulit, momen puasa di bulan Ramadan menjadi pilihan tepat. Puasa mampu mendetoksifikasi berbagai racun di tubuh. Proses ini akan membuat kulit tampak cerah, sehat, dan bersinar. Apabila detikers melakukan puasa rutin maka anda akan mendapatkan hasil yang sepadan pada kesehatan.

3. Mengatasi jerawat
Detikers punya masalah jerawat? Nah, puasa ternyata mampu mengatasi jerawat dengan cara detoksifikasi tubuh. Jerawat berasal dari bakteri dan racun dari tubuh, dengan berpuasa akan lebih mudah menghilangkan jerawat. Detikers akan merasakan dampak yang bagus untuk membasmi jerawat dengan rutin berpuasa.

4. Mencegah iritasi kulit
Sebuah penelitian yang dilakukan dengan menghubungkan antara kesehatan kulit dan puasa mendapatkan hasil yang sangat menakjubkan dimana ternyata kontak antara kulit dengan zat berbahaya bagi tubuh dan kulit bisa diminimalisir dengan puasa. Jadi jika ada kontak antara kulit dan zat berbahaya dalam tubuh maka akan segera sembuh dalam waktu kurang dari 48 jam saat tubuh berpuasa.

5. Menjaga berat badan
Detikers yang ingin mendapatkan berat tubuh ideal dapat menjalani puasa. Saat menjalani puasa, Detikers dapatmengendalikan berat badan karena saat puasa tidak ada asupan makanan dan minuman sehingga tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi. Hal tersebut tentu saja akan mengoptimalkan pembakaran lemak lebih besar dibandingkan biasanya.

6. Memperbaiki rambut dan kuku
Pada awal puasa memang rambut dan kuku akan terlihat lebih kusam dan kering namun jika melakukan puasa secara rutin justru akan membuat rambut dan kuku menjadi lebih sehat dan indah. Hal ini disebabkan karena adanya regenerasi sel baru dalam tubuh yang akan membuat sel rambut dan kuku menjadi baru.

7. Membersihkan mata
Detikers yang melakukan puasa rutin ternyata berkesempatan untuk mendapatkan mata yang indah dan lebih tajam. Saat puasa, kotoran yang ada di dalam mata akan dikeluarkan secara maksimal. Proses detoksifikasi kotoran pada mata ini akan membuat penglihatan menjadi tajam sehingga mata anda akan lebih berkilau dan indah.





























Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit, Ampuh Atasi Jerawat!"