Hagia Sophia

23 April 2023

Inikah Penyebabnya Banyak Orang Kepo Masalah Jodoh di Momen Lebaran?

istimewa

Lebaran menjadi ajang bertemu dengan keluarga. Biasanya, momen ini mempertemukan saudara-saudara yang jarang bertemu. Pertanyaan basa-basi kerap terlontar, meski membuat beberapa orang merasa tidak nyaman jika sudah berurusan dengan jodoh.

Sebagai contoh, jika ada kerabat yang masih lajang, selalu saja ada yang menanyakan 'kapan nikah' atau 'sudah punya pacar belum'? Terkadang dilanjutkan juga dengan pertanyaan yang bikin semakin awkward misalnya 'dijodohin sama XYZ mau nggak'?

Meskipun mungkin hanya sekedar basa-basi, beberapa orang bisa dibuat tidak nyaman dengan pertanyaan itu. Lantas, sebenarnya kenapa sih pertanyaan soal jodoh seperti itu kerap muncul saat lebaran?

Menurut psikolog Veronica Adesla, MPsi dari Ohana Space, pertanyaan semacam itu bisa jadi adalah bentuk dari niat baik si penanya dan bentuk perhatian seseorang terhadap kerabatnya.

"Sebenernya gini ya, kalau menurut aku sih dasarnya mungkin pasti atas niat yang baik dimana keluarga itu kemudian perhatian dengan keponakannya, kerabatnya, keluarganya yang mungkin belum memiliki pasangan atau belum menikah gitu ya dan manakala ini ajang kumpul bareng dan update satu sama lain dan pengen untuk ngeliat misalnya keluarganya, keponakannya bahagia," ujarnya ketika dihubungi detikcom, Jumat (14/4/2023).

Biasanya, tolak ukur dari kebahagiaan secara normatif adalah ketika seseorang sudah mempunyai pasangan atau menikah. Ini juga dianggap sebagai pencapaian usia dewasa.

"Tapi saya rasa sebenarnya niatnya baik. Niatnya memikirkan kebahagiaan orang lain, terlepas dari apakah niatan tersebut memang membuktikan bahwa ketika seseorang itu punya pasangan, menikah, apakah membuktikan mereka bahagia, belum tentu," katanya.

"Tolak ukur bahagia tidak hanya dari status punya pasangan atau status menikah," lanjutnya.

Jika tidak nyaman dengan pertanyaan yang dilontarkan, Veronica memberikan tips untuk menjawabnya. Kuncinya adalah dengan memberikan penjelasan yang singkat, padat, dan jelas. Awali jawaban dengan senyuman dan beberkan alasan mengapa masih lajang. Kemudian, alihkan ke topik lain atau menjauh dari situasi tersebut.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Banyak Orang Kepo Soal Jodoh Saat Lebaran? Mungkin Ini Penjelasan Psikisnya"