Hagia Sophia

23 April 2023

Tips untuk Atasi Kolesterol Tinggi dengan Cepat

Cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat saat lebaran (Foto: Thinkstock)

Cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cepat kerap dicari orang baru-baru ini. Pasalnya, seiring perayaan Hari Raya Idul Fitri, banyak yang kalap mengonsumsi daging sehingga berisiko mengalami kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Adapun kolesterol tinggi di dalam tubuh memicu penumpukan plak yang sangat berisiko bagi kesehatan jantung. Apabila tidak segera ditangani, serangan jantung dan stroke adalah masalah kesehatan paling fatal yang mungkin dialami pengidapnya. Jika sudah begitu, kondisinya sangat sulit disembuhkan dan tak jarang mengancam jiwa.

Mirisnya, kolesterol dan trigliserida (lemak) dalam darah jarang sekali menimbulkan gejala. Kondisi ini terjadi begitu saja hingga akhirnya pengidapnya datang ke dokter dengan masalah kesehatan yang sudah berat. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengecek kadar kolesterol di layanan medis terdekat.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Cepat

Buat yang kalap makan daging pasca hari Lebaran, wajib banget catat sejumlah hal berikut ini seperti dikutip dari Medical News Today:

1. Hindari Lemak Jahat
Lemak jahat umumnya ditemukan pada makanan berminyak. Terdapat dua jenis lemak jahat, yakni lemak trans dan lemak jenuh. Keduanya lemak tersebut membawa dampak buruk bila tidak dibatasi.

Menurut American Heart Association, konsumsi lemak trans dan lemak jenuh berdampak negatif pada kesehatan seseorang dengan dua cara berbeda. Dampak pertama adalah meningkatkan kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dalam darah. Kedua, lemak trans bekerja dengan mengurangi kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Maka dari itu, ahli medis menyarankan untuk membatasi asupan lemak jenuh maksimal enam persen guna mencegah kadar kolesterol tinggi. Hindari pula sejumlah makanan yang juga mengandung lemak trans dan lemak jenuh berikut ini.
  • Gorengan
  • Margarin
  • Minyak nabati
  • Kulit ayam
  • Daging Merah
  • Keju atau produk susu berlemak lainnya
2. Penuhi Asupan Larut
Serat larut digunakan sebagai pembuatan cairan alami pengikat lemak untuk diolah oleh saluran cerna. Jenis serat ini juga membantu memelihara bakteri baik di usus. Adapun sumber serat larut bisa didapatkan dari:
  • Biji-bijian, terutama biji rami
  • Kubis mini atau brussel
  • Gandum
  • Kacang polong dan lentil
  • Buah-buahan
3. Perbanyak Asupan Omega 3 dan 6
Manfaat omega 3 dan 6 sebagai sumber lemak tak jenuh tidak perlu diragukan lagi. Penelitian pada 2016 menyebut orang dewasa yang mengonsumsi lemak tak jenuh ganda selama delapan minggu menunjukan penurunan kolesterol sebanyak 10 persen. Bahkan, beberapa penelitian mencatat lemak ini dapat mencegah risiko diabetes tipe 2.

Kedua nutrisi tersebut tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga manusia membutuhkan makanan untuk memperolehnya. Sumber dari asam lemak ini bisa ditemukan di ikan laut, udang, kerang, kacang-kacangan, ataupun suplemen buatan.

4. Tingkatkan Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik menjadi salah satu cara mengurangi kolesterol. Semakin banyak kamu bergerak, semakin banyak pula tubuh memproduksi kolesterol baik (HDL).

Tidak perlu mulai dengan gerakan yang berat, cukup berjalan cepat di sekitar tempat tinggal ataupun pemanasan ringan di rumah selama 30 menit dalam lima kali seminggu dapat membantu pembakaran lemak dan tubuh menjadi sehat.

5. Cukupi Kebutuhan Mineral
Asupan air yang terpenuhi sangat baik untuk menjaga kesehatan hati (liver). Sebab, hati merupakan tempat di mana kolesterol dipecah dan dibuang melalui kandung empedu.

Selain itu, hidrasi yang tercukupi meningkatkan metabolisme sehingga seseorang tidak mudah sakit dan sistem kekebalan tubuh terjaga.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Cepat Pasca Lebaran, Segampang Itu!"