Hagia Sophia

23 April 2023

Diprediksi Populasinya Akan Melebihi China, India Masih Hadapi Berbagai Masalah Ini

ilustrasi populasi India diprediksi PBB bakal membalap China pada Juni 2023. Foto: REUTERS/Niharika Kulkarni

PBB memprediksi pada Juni mendatang, India bakal melampaui China sebagai negara terpadat di dunia. Seiring China yang kini diterpa penurunan angka kelahiran besar-besaran, populasi muda India justru berkembang pesat dan memicu kekhawatiran terkait kondisi ekonomi.

Warga muda India dapat mendorong pertumbuhan ekonomi negara untuk bertahun-tahun mendatang. Namun, hal itu menjadi masalah jika orang-orang muda ini tidak dipekerjakan secara memadai. Ekonom memperingatkan, meskipun ekonomi India tergolong tumbuh pesat, angka pengangguran juga membengkak.

Populasi India meningkat lebih dari empat kali lipat sejak memperoleh kemerdekaan 76 tahun lalu. Namun seiring kondisi India yang diprediksi bakal menjadi negara dengan populasi terbesar di dunia, India juga bergelut dengan masalah perubahan iklim, kesenjangan ekonomi antara penduduk perkotaan dan pedesaan, juga antara laki-laki dan perempuan.

Mengacu pada survei terhadap 1.007 orang India yang dilakukan PBB, sebanyak 63 persen responden menyebut masalah ekonomi sebagai perhatian utama terkait perubahan populasi, dibarengi kekhawatiran tentang lingkungan, kesehatan, dan hak asasi manusia.

"Temuan survei India menunjukkan bahwa kecemasan penduduk telah merembes ke sebagian besar masyarakat umum. Namun, jumlah populasi seharusnya tidak memicu kecemasan atau menimbulkan kekhawatiran," kata Andrea Wojnar, perwakilan Dana Kependudukan PBB untuk India, dalam sebuah pernyataan dikutip dari AP News, Sabtu (22/4/2023).

Laporan PBB mencatat, India akan memiliki sekitar 2,9 juta orang lebih banyak dari China pada pertengahan tahun ini. Menurut proyeksi PBB, India akan memiliki sekitar 1,4286 miliar orang sementara China mencatat 1,4257 miliar. Namun demikian diketahui, India belum melakukan sensus lagi sejak 2011.

China memiliki populasi terbesar di dunia setidaknya sejak 1950, tahun PBB mengeluarkan data populasi. China dan India memiliki lebih dari 1,4 miliar orang. Jika digabungkan, total penduduk di negara tersebut membentuk sepertiga dari 8 miliar penduduk dunia.

Berbanding terbalik dengan China yang kini diterpa penurunan angka kelahiran, India justru memiliki populasi yang jauh lebih muda dengan tinggi tingkat kesuburan dan penurunan kasus kematian bayi selama tiga dekade terakhir.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jumlah Populasi India Bakal 'Balap' China, Ini Yang Dikhawatirkan Warganya"