Hagia Sophia

23 April 2023

Beberapa Jenis Obat Kolesterol Alami Terbaik

Obat kolesterol terbaik alami yang bisa dicoba saat kalap makan daging di Hari Raya Idul Fitri (Foto: Thinkstock)

Saat merayakan Hari Raya Idul Fitri, rasanya kurang lengkap jika tak menikmati makanan khas, seperti opor, daging rendang, hingga gulai. Meski begitu, makanan-makanan tersebut ternyata bisa menyebabkan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Kolesterol sendiri sebenarnya bisa diredakan dengan banyak cara, salah satunya mengonsumsi obat kolesterol terbaik alami.

Kolesterol merupakan zat lilin yang berasal dari asupan makanan sehari-hari. Zat ini diolah tubuh untuk membantu meningkatkan sistem imun, memperlancar pencernaan, membentuk hormon, serta menciptakan vitamin D alami.

Meski terdengar bermanfaat, jumlah kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang berlebih dalam tubuh dapat memicu penyakit mengancam jiwa, seperti stroke, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Obat Kolesterol Terbaik Alami

Untuk mengatasinya, cobalah beberapa obat alami berikut ini untuk menurunkan kadar kolesterol setelah kalap mengonsumsi makanan yang bersantan saat lebaran.

1. Daun Salam
Obat kolesterol terbaik alami pertama adalah daun salam. Selain dimanfaatkan untuk bumbu dapur, daun ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti meredakan kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, dan maag.

Kandungan senyawa flavonoid di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, sehingga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

2. Bawang Putih
Sama seperti daun salam, bawang putih juga memiliki kandungan senyawa flavonoid dan saponin yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Daun Sirsak
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang ampuh menghambat pembentukan kolesterol dalam darah.

4. Lidah Buaya
Tak usah dipungkiri lagi soal khasiat lidah buaya. Sebab, kandungan senyawa di dalam tanaman ini, seperti vitamin B3, asam nikotinat, vitamin C, enzim lipase, dan asam folat, sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

5. Daun Kelor
Obat herbal berikutnya adalah daun kelor. Tanaman ini telah dimanfaatkan sejak lama oleh bangsa Indian untuk mengatasi obesitas. Ditambah lagi, daun kelor dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol lantaran kandungan zat aktifnya, seperti flavonoid dan tanin.

6. Kedelai
Kedelai juga bisa dijadikan sebagai obat kolesterol herbal. Menurut penelitian, kedelai bisa menurunkan kolesterol jenis LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat sebanyak 12 persen.

Bahkan, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah merekomendasikan konsumsi 25 gram kedelai untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam darah.

7. Teh Hijau
Sebuah ulasan dari 14 studi menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau setiap hari selama dua minggu bisa menurunkan kolesterol total sekitar 7 mg/dl dan kolesterol LDL sekitar 2 mg/dL.

Selain itu, teh hijau juga dapat mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan membentuk plak di arteri.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Obat Kolesterol Terbaik Alami, Bisa Dicoba Pasca Kalap Makan Daging Lebaran"