Hagia Sophia

08 April 2023

Sosok: Alexandra Askandar, Wakit Direktur Utama BUMN

Alexandra Askandar/Foto: Dok. Mandiri

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan sosok Alexandra Askandar. Nama Alexandra Askandar dikenal luas sebagai salah satu pimpinan bank BUMN, Mandiri.

Melansir dari situs situs srikandibumn.org, wanita yang akrab disapa Alexandra itu saat ini tengah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama Mandiri. Dirinya sudah menduduki posisi itu sejak akhir Oktober 2020.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Direktur Utama, Alexandra pernah menjabat sebagai Direktur Corporate Banking (2019 - 2020) dan Direktur Hubungan Kelembagaan (2018 - 2019) Bank Mandiri.

Meski begitu, ternyata lulusan Sarjana Ekonomi dari UI dan MBA dari Boston University (Amerika Serikat) ini sudah cukup lama berkarya di bank plat merah itu. Dirinya diketahui telah bekerja di Bank Mandiri sejak tahun 2000 silam.

Alexandra mengawali kariernya sebagai Assistant Vice President dan melanjutkan kariernya sebagai Vice President di Corporate Banking hingga tahun 2008. Tidak berhenti di sana, Alexandra terus melanjutkan kariernya hingga menduduki posisi Senior Vice President di Corporate Banking dari tahun 2009 hingga 2016.

Menyusul kemudian, Alexandra Askandar kemudian menduduki posisi Senior Executive Vice President. Dalam periode tahun 2011 - 2018 juga, Alexandra pernah menjabat sebagai Komisaris PT. Mandiri Sekuritas.

Di dunia karier, Alexandra banyak menorehkan prestasi yang gemilang. Nama Alexandra Askandar pernah masuk dalam jajaran 100 wanita paling berpengaruh di sektor jasa keuangan dan BUMN dalam penghargaan Top 100 Most Outstanding Women in Financial Sector dan SOE 2022 di Kota Solo.

Selain itu, Alexandra Askandar juga masuk dalam daftar 20 Most Powerful Women 2022 dari Fortune Indonesia. Beberapa tokoh yang masuk dalam daftar itu antara lain Megawati Soekarnoputri, Sri Mulyani, Tri Rismaharini, hingga Nicke Widyawati.





























Artikel ini telah tayang di finance.detik.com dengan judul "Mengenal Alexandra Askandar, Bos Mandiri yang Cantik, Pintar dan Berkuasa"