Hagia Sophia

08 April 2023

Terkait Somasi, Menkes Ingin Dialog dengan Forum Dokter

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Agung Pambudhy)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin disomasi Forum Dokter Peduli Ketahanan Kesehatan Bangsa buntut pernyataan Rp 6 juta untuk proses perolehan surat izin praktik (SIP) dan surat tanda registrasi (STR). Menkes mengaku sudah menjawab somasi tersebut pada Senin (3/4/2023).

Sebelumnya, Menkes sudah mengklarifikasi biaya Rp 6 juta yang dimaksud tak hanya berupa administrasi memperoleh STR. Melainkan, 'ongkos' keseluruhan dalam penerbitan STR maupun SIP yang mencakup iuran organisasi profesi, iuran perhimpunan dokter spesialis, dan biaya pertemuan ilmiah untuk Satuan Kredit Profesi (SKP).

Angka itu kemudian dikalkulasikan dalam setahun, dengan gambaran penerbitan STR yang juga sebagai syarat keluarnya SIP per 2022 mencapai 77 ribu.

Menkes secara langsung ingin bertemu dengan FDPKKB. Ia ingin berdiskusi mengenai polemik yang gaduh disorot belakangan secara terbuka.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, saya beritikad baik ingin mengajak Forum Dokter Peduli Ketahanan Kesehatan untuk berdiskusi, mengklarifikasi persoalan sebagaimana yang tertuang dalam surat somasi," ujar Menkes dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (7/4/2023).

Menkes mengundang Forum Dokter Peduli Ketahanan Kesehatan untuk berdiskusi pada Rabu 3 Mei 2023 di kantor Kementerian Kesehatan. Menkes menyebut dirinya terbuka apabila pihak FDPKKB menawarkan pertemuan di lokasi lain.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Jawab Somasi Forum Dokter, Ajak Diskusi Langsung Secara Terbuka"