Hagia Sophia

29 May 2023

Ini Alasan Celine Dion Batalkan 42 Konsernya

Celine Dion batalkan konsernya karena masalah kesehatan. (Foto: Getty Images)

Celine Dion baru saja mengumumkan pembatalan tur 42 konser yang seharusnya dilaksanakan sepanjang 2023 hingga 2024. Dalam pengumuman resminya, penyakit Stiff-Person Syndrome (SPS) yang selama ini dialaminya kembali diungkit.

Dalam pengumuman tersebut, Celine Dion disebut masih belum sepenuhnya pulih dan belum cukup kuat untuk melakukan tur konser yang rencananya dimulai Agustus 2023.

"Maaf karena membuat kalian kecewa sekali lagi dan meski ini bikin hatiku remuk, yang terbaik yang bisa dilakukan adalah membatalkan semuanya sampai aku benar-benar siap kembali ke panggung. Aku tidak akan menyerah dan tidak sabar bertemu kalian lagi," kata Celine Dion.

Gejala dan Penyebab Stiff-Person Syndrome

SPS merupakan kelainan neurologi autoimun langka yang paling sering menyebabkan kekakuan otot dan kejang yang datang dan dapat memburuk seiring berjalannya waktu.

SPS paling sering dialami oleh seseorang berusia 40 hingga 50 tahun. Namun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, SPS juga dapat terjadi pada anak-anak.

Kondisi kesehatan ini dialami satu sampai dua orang dalam satu juta. Namun, ahli SPS saat ini menganggap bahwa sindrom tersebut sebagai spektrum gangguan yang kemungkinan lebih umum daripada yang diperkirakan sebelumnya, meski masih jarang.

Adapun berikut ini adalah gejala-gejala yang dialami pasien SPS dikutip dari Hopkins Medicine, yaitu:
  • Kesulitan berjalan.
  • Tidak stabil dan mudah jatuh hingga mengakibatkan cedera.
  • Mengalami sesak napas jika SPS mempengaruhi otot dada.
  • Hyperlordosis dan myelopathy.
  • Kecemasan dan agorafobia akibat jatuh yang disebabkan oleh kejang.
  • Terkadang juga muncul masalah gerakan mata, penglihatan ganda, masalah bicara, dan kurangnya koordinasi.
Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab utama SPS. Namun, ahli meyakini bahwa SPS merupakan sebuah kelainan autoimun yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat.

Seperti pada penyakit autoimun lainnya, SPS lebih banyak menyerang wanita daripada pria.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dikaitkan dengan Batalnya 42 Konser Celine Dion, Ini Gejala Stiff-Person Syndrome"