Hagia Sophia

29 May 2023

Pakar: 'Disease X' Berpotensi Lebih Mematikan dari COVID-19

Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini menyoroti potensi kemunculan penyakit baru yang bakal menjadi pandemi. Beredar anggapan, penyakit yang belum diketahui tersebut berpotensi lebih fatal dan mematikan dibandingkan COVID-19.

'Disease X', begitulah WHO dan ahli-ahli kesehatan di dunia menyebut penyakit yang belum diketahui tersebut. Namun begitu, para ahli kini mulai mencari tahu cara-cara untuk mengatasi wabah penyakit tersebut.

Salah satunya dr Monalisa Sahu, Konsultan Penyakit Menular dari Rumah Sakit Yashoda, Hyderabad, mengungkapkan potensi disease X bersifat lebih mematikan daripada pandemi COVID-19.

"WHO baru-baru ini merilis daftar penyakit prioritas di bawah pemindai mereka saat ini dalam pernyataan resmi. Daftar tersebut juga mencakup entitas yang disebut sebagai disease X," ujar dr Monalisa Sahu, dikutip dari The Health Site, Senin (29/5/2023).

"Penyakit prioritas lainnya dalam daftar WHO termasuk Ebola, SARS, virus Zika Marburg, demam berdarah Krimea-Kongo, demam Lassa, penyakit Nipah dan henipavirus, demam Lembah Rift, dan sindrom pernapasan Timur Tengah," imbuhnya.

Pada dasarnya, istilah 'Disease X' ini merujuk pada penyakit yang berpotensi menyebabkan epidemi atau pandemi internasional yang serius. Penyakit ini dapat disebabkan oleh patogen apa pun termasuk virus atau bakteri atau jamur, atau agen lainnya. Pengobatannya pun belum diketahui, atau mungkin memang tidak ada. Begitu juga vaksin khusus penyakit tersebut tidak tersedia.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bikin Pakar Ketar-Ketir, 'Disease X' Disebut Berpotensi Lebih Mematikan dari COVID"