Hagia Sophia

29 May 2023

Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Turunkan Berat Badan

Rutinitas pagi untuk menangkal gemuk (Foto: istock)

Berat badan berlebih adalah sarang penyakit, karenanya banyak orang rela melakukan apa saja untuk menurunkannya. Sudah berusaha keras pun, terkadang tidak membuahkan hasil.

Memang tidak mudah, ada banyak faktor yang perlu diperhitungkan ketika bicara soal berat badan. Termasuk, komposisi massa tubuh. Yang dihindari tentunya adalah berat badan berlebih yang didominasi massa lemak, bukan massa otot.

Apapun itu, ada beberapa kebiasaan simpel di pagi hari yang diyakini bisa membantu menurunkan berat badan.

1. Stretching
Sempatkan waktu 10 menit untuk melakukan peregangan dan mempraktikkan mindfulness. Manfaatnya adalah untuk menyiapkan tubuh biar lebih tahan stres dan punya energi yang mencukupi sepanjang hari.

2. Minum lemon
Dipercaya air lemon bisa membantu melancarkan metabolisme. menambahkannya pada menu sarapan adalah ide bagus jika punya target menurunkan berat badan.

3. Sarapan
Tren terkini ada yang menganjurkan untuk tidak sarapan. Namun para pakar masih sependapat, sarapan adalah 'pondasi' untuk kecukupan energi sepanjang hari, juga menghindarkan dari perilaku makan berlebih pada sesi makan berikutnya.

4. Olahraga
Diet dan olahraga tidak bisa dipisahkan dalam upaya menurunkan berat badan. Tidak hanya bikin tubuh lebih bugar, aktivitas fisik akan membakar kalori berlebih yang disantap sepanjang hari.

5. Rencanakan pola makan
Tidak berarti harus selalu masak sendiri karena tidak semua orang punya cukup waktu untuk melakukannya. Setidaknya, latih diri sendiri untuk membuat pilihan bijak terkait menu makan yang lebih sehat.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Layak Dicoba! 5 Rutinitas Pagi yang Efektif Turunkan Berat Badan"